Pelek jari-jari bisa kompatibel dengan ban tubeless. (Youtube/M-One)
Pelek jari-jari bisa kompatibel dengan ban tubeless. (Youtube/M-One) ( kompas.com)

Mau Pakai Yang Mana, Pelek Jari-jari Atau Pelek Racing?

23 Juli 2020 18:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini Pelek jari-jari semakin jarang ditemui di jalan. Sebagian besar sepeda motor model baru sudah menggunakan pelek Cast Wheel (CW) atau yang kerap dikenal dengan pelek palang atau racing.

Tapi, kalau dibanding dengan pelek jari-jari, apa sebenarnya kelebihan pelek racing?

Pelek jari-jari memang dinilai lebih ringan, tetapi dalam urusan handling pelek CW dinilai lebih unggul karena konstruksinya yang kaku.

Dampaknya jelas akan memudahkan motor untuk melibas tikungan lantaran kaki-kaki tersebut bisa meminimalkan roll sasis.

Berbeda, kalau motor tersebut digunakan untuk drag race yang lintasannya lurus. Maka disarankan untuk menggunakan pelek jari-jari yang ringan sehingga bisa menjadi faktor penunjang agar motor semakin kencang.

Sementara itu, menurut Syamsuddin, sebagai Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok, pemilihan pelek sebenarnya tergantung dengan minat konsumen. Karena, masing-masing pelek pasti sudah memiliki standarisasi keamanan sendiri dan proses pembuatannya juga tidak sembarangan.

“Menurut saya sama saja, hanya pelek racing memiliki kelebihan pada variasi model. Bentuknya bisa dibuat macam-macam sehingga bisa menarik minat konsumen. Sementara untuk jari-jari hanya seperti itu saja modelnya, meski ada beberapa yang memodifikasi menjadi lebih menarik, namun sangat jarang,” ujar Syamsuddin saat dihubungi Kompas.com.

Jadi menurut Syamsuddin, tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya lebih ke style saja perbedaannya, namun dari segi safety sendiri keduanya sudah ada standarnya masing-masing.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pilih Mana, Pelek Palang atau Jari-jari?", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/22/190100215/pilih-mana-pelek-palang-atau-jari-jari-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm