Ilustrasi cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan ( Thinkstockphotos)

Berikut Langkah Sederhana Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

24 Juli 2020 08:16 WIB

SonoraBangka.id - Sejak diumumkan pada awal Maret 2020 lalu, perkembangan Covid-19 di Indonesia terpantau terus meningkat. Potensi penyebaran Covid-19 akan cepat terhenti jika kita semua hidup bersih. Yakni dengan rajin mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker wajah, dan menjaga jarak sosial satu sama lain.

Perilaku sederhana ini sebenarnya dapat amat efektif menghentikan rantai penyebaran virus corona, bahkan tanpa vaksin atau perawatan tambahan.  

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Selasa (21/8/2020) dalam jurnal PLoS Medicine, mengungkapkan model dan upaya pencegahan yang dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Tingkat kontak dalam penelitian ini didasarkan pada interaksi orang-orang di Belanda, tetapi model ini sesuai untuk negara-negara Barat lainnya. Para peneliti menyebutkan bahwa epidemi besar dapat dicegah jika ketaatan atas tindakan tersebut melebihi 50 persen.

Seandainya pemerintah tutup lebih awal, tetapi tidak ada yang mengambil langkah-langkah perlindungan pribadi tambahan, hal ini akan menunda, tetapi tidak mengurangi puncak dalam kasus.

Namun, jika publik sempat lambat sebelum pada akhirnya mengubah perilaku, hal itu tetap dapat mengurangi jumlah kasus, tetapi tidak menunda puncak kasus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm