Soto Banjar
Soto Banjar ( https://pesona.travel)

Trik Khusus Untuk Meningkatkan Aroma Harum Dari Soto Banjar

25 Juli 2020 19:10 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu makanan tradisional khas Kalimantan Selatan adalah soto banjar merupakan. Rasa yang gurih dan aroma yang harum merupakan ciri khas dari soto banjar. Aroma harum tersebut berasal dari penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan bunga lawang. Untuk meningkatkan aroma dari rempah-rempah untuk soto banjar, meskipun menggunakan resep soto banjar biasa ada trik khusus yang bisa kamu lakukan.Caranya adalah menyimpan bumbu halus dan rempah dalam satu wadah yang sama minimal satu hari sebelum proses pembuatan soto.

Seperti yang dijelaskan oleh Chef dari Grand Dafam Q Hotel Banjar Baru Bambang Adi bahwa “Seumpama besok bikin, hari ini bikin bumbunya. Itu akan tambah wangi, karena rempah-rempahnya sudah masuk semua itu dan disimpan selama minimal satu hari.”

Sebelum diblender, Menumis bumbu akan membantu aroma dan rasa lebih mudah keluar dan jadi lebih kuat. Setelah dihaluskan, simpan bumbu halus dalam wadah kedap udara bersama dengan rempah-rempah yang dibutuhkan untuk soto banjar, yaitu kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan bunga lawang.

Menurut Chef Bambang, jangan blender rempah-rempah karena nantinya bisa menyebabkan rasa pahit. Setelah wadah untuk menyimpan rempah dan bumbu dipastikan sudah kedap udara, letakkan di dalam kulkas di bagian chiller selama beberapa hari. Simpan minimal satu hari untuk membiarkan aroma dan rasa dari bumbu dan rempah jadi semakin kuat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Masak Soto Banjar agar Harum dan Kaya Rasa", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/25/170300975/tips-masak-soto-banjar-agar-harum-dan-kaya-rasa?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm