Ilustrasi bersepeda
Ilustrasi bersepeda ( Daily Herald)

Benarkah Bersepeda Pakai Masker Bisa Sebabkan Kematian ? Berikut Penjelasannya

27 Juli 2020 11:03 WIB

BangkaSonora.id - Beberapa Waktu lalu media sosial di hebohkan dengan berita viral mengenai kematian seorang pria ketika berolahraga sepeda degan menggunakan masker. Dijelaskan bahwa pria tersebut memiliki riwayat penyakit jantung. 

Namun, apakah benar jika seseorang berolahraga sepeda menggunakan masker bisa menyebabkan kematian ?

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Michael Triangto Sp.KO menjelaskan, bahwa orang dengan riwayat gangguan jantung bisa berisiko terkena serangan jantung kapan pun itu terlepas menggunakan masker atau tidak. 

Jadi bisa terserang kapan saja apakah sedang tidur ataupun berolahraga. Ia menjelaskan bahwa jika pesepeda tersebut memang ada gangguan jantung, maka kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh penyakit jantung, bukan karena masker. 

Orang dengan riwayat penyakit jantung memiliki resiko kematian lebih tinggi jika melakukan aktivitas seperti berolahraga, dibanding dengan hanya berdiam diri saja.

Hal ini karena jantung jadi bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Namun demikian, bukan berarti oarng denagn gangguan jantung tidak boleh berolahraga. Sebaiknya malah dianjurkan untuk berolahraga, tapi dipilih yang ringan saja. Sehingga sistem kerja jantung tidak terlalu berat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm