Ilustrasi santan sedang dimasak.
Ilustrasi santan sedang dimasak. ( SHUTTERSTOCK/YUPA WATCHANAKIT)

Berikut Cara Mengolah Santan Yang Benar Agar Tidak Pecah

28 Juli 2020 16:08 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu kondimen dalam kuliner khas Indonesia adalah Santan. Mulai dari makanan pembuka sampai hidangan utama. Misalnya saja kolak dan gulai. Masak makanan bersantan ini susah-susah gampang. Dibutuhkan cara masak yang tepat agar santan tidak pecah. Pasalnya, santan pecah dapat mempengaruhi hasil akhir hidangan termasuk rasa dan tekstur.

Melansir artikel Kompas.com  ciri-ciri santan pecah adalah muncul butir karena kandungan lemak dan air terpisah. Rasanya pun tidak gurih, cenderung tidak ada rasanya. Menurut Executive Chef Santika Mataram Lombok Nyoman Putra Yasa  mengatakan penyebab santan pecah di antaranya karena santan tidak rutin diaduk saat dimasak dan pakai api terlalu besar. Selain itu, santan pecah juga karena terlalu cair dan dimasukkan ke dalam masakan yang masih panas.

Sebagai informasi, santan alami akan lebih mudah pecah dibandingkan dengan santan instan, seperti dikutip dari Kompas.com. Sebab, santan instan sudah melewati beberapa proses dalam pabrik, seperti penambahan bahan pengawet yang membuatnya stabil dan tidak mudah pecah. Agar santan tidak pecah  cara memasak santan ketika masak makanan bersantan sebaiknya sering diaduk.

Berdasarkan pernyataan traveling chef Wira Hardiyansyah, inti dari cara mengolah santan agar tidak pecah bukan berdasarkan pada besar kecilnya api, melainkan frekuensi santan diaduk saat dimasak. "Di Padang orang masak rendang memakai kayu bakar, santannya alami, apinya besar-besar. Di Aceh orang masak kuah beulangong apinya besar juga karena kayu bakar, di Jawa Tengah dan Jawa Timur masak bubur suro makai kayu bakar, ya tidak masalah api besar atau kecil intinya harus sering diaduk," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Santan agar Tidak Pecah, Bekal Bikin Gulai Enak", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/28/120300575/cara-masak-santan-agar-tidak-pecah-bekal-bikin-gulai-enak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm