Ilustrasi Kayu Manis
Ilustrasi Kayu Manis ( shutterstock )

Sirup Kayu Manis , Olahan Minuman Untuk Kesehatan Khas Kerinci Jambi

29 Juli 2020 14:29 WIB

SonoraBangka.id - Kamu akan sangat mudah menemukan aneka olahan kayu manis di Kabupaten Kerinci, Jambi. Salah satu olahannya yang populer adalah sirup kulit kayu manis. Desa Siulak Deras di Kecamatan Gunung Kerinci  adalah salah satu daerah perajin sirup kulit kayu manis. Sirup kulit kayu manis punya rasa yang mirip jamu, dengan rasa manis yang khas. Rasa manis tersebut merupakan perpaduan minyak dari kayu manis bercampur dengan gula yang menyatu saat direbus.

Aroma dan cita rasa kayu manisnya begitu kental. Sirup kayu manis biasanya dibuat menggunakan kulit dari pohon yang usianya 5-10 tahun. Semakin tua umur kayu manis yang digunakan, maka rasanya semakin kuat. Kadang kala ada pula sirup kayu manis yang menggunakan kayu manis berusia di atas 15 tahun.

Berdasarkan warna dari sirup ini, maka kamu bisa mengetahui setua apa usia kayu manis yang digunakan. Makin tua warna sirupnya, itu berarti menggunakan kulit kayu manis dari pohon yang berusia di atas 10 tahun. Jika warna sirup mirip dengan warna madu, itu artinya umur pohon kayu manis yang digunakan masih muda.

Sirup kayu manis asal Kerinci ini konon mem punyai khasiat yang luar biasa. Sirup ini dipercaya bisa mencegah masuk angin, menghilangkan pegal, dan rematik. Sirup ini juga bisa menghangatkan tubuh. Untuk membuatnya sendiri di rumah juga tidak mustahil. Kamu bisa menggunakan kayu manis yang biasa kamu gunakan untuk bumbu.

Berikut ini cara membuat sirup kayu manis khas Kerinci berdasarkan buku "Kuliner Jambi: Telusuri Jejak Melayu, Sedap Meresap dalam Kalbu" (2017) karya Murdijati Gardjito, Fajar Ayuningsih, dan Chairunisa Chayatinufus terbitan Gramedia Pustaka Utama yang bisa anda coba di rumah.

Bahan Sirup Kayu Manis

  • 300 gram kayu manis
  • 1 kilogram gula pasir
  • 3 liter air

Cara Membuat Sirup Kayu Manis

  1. Masak air hingga mendidih.
  2. Cuci bersih kayu manis, lalu masukkan ke dalam panci dengan air mendidih.
  3. Masukkan gula, lalu aduk hingga larut.
  4. Terus aduk larutan sirup sambil dimasak hingga konsistensinya sedikit kental.
  5. Matikan api, dan sirup kayu manis pun siap disajikan. Sirup kayu manis bisa disajikan panas maupun dingin ditambah es.

Sirup kayu manis asal Kerinci ini juga berhasil jadi satu dari 10 nominasi daerah Anugerah Pesona Indonesia ( API) tahun 2020 kategori Minuman Tradisional Populer. API adalah rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sirup Kayu Manis Khas Kerinci Jambi, Olahan Minuman untuk Kesehatan", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/29/131600775/sirup-kayu-manis-khas-kerinci-jambi-olahan-minuman-untuk-kesehatan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm