Sistem suspensi Suzuki Carry lama meletakkan per daun di bawa as roda (KompasOtomotif - AFH)
Sistem suspensi Suzuki Carry lama meletakkan per daun di bawa as roda (KompasOtomotif - AFH) ( kompas.com)

Tanda-tanda Suspensi Mobil Mulai Perlu Perbaikan

7 Agustus 2020 17:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Suspensi untuk setiap kendaraan berfungsi tidak hanya untuk meningkatkan kenyamanan, tapi juga pengendalian yang lebih baik. Maka dari itu, penting menjaga performa dari komponen tersebut.

Tapi, posisinya yang berada di kaki-kaki mobil dan jarang terlihat, membuatnya kerap terlupakan dari pantauan pemeriksaan kondisi kendaraan. Padahal, kalau suspensi sampai mengalami kerusakan, dampaknya bisa fatal.

Suspensi yang rusak membuat mobil jadi sulit dikendalikan pada saat menikung atau melewati permukaan jalan yang tidak rata. Dampak buruknya bisa saja berpotensi terjadinya kecelakaan.

Andi, sebagai mekanik Wahyu Motor, bengkel spesialis per di MGK Kemayoran, mengatakan, pemilik kendaraan yang usia pakainya lebih dari tiga tahun wajib memeriksakan kondisi peredam kejut kendaraannya.

Sering kali ada tanda-tanda yang nampak dari perangkat tersebut yang membutuhkan perbaikan. Biasanya terlihat dari penampakan rembesan oli di bodi suspensi atau tabung sokbreker.

"Jika melihat hal ini pemilik wajib memperbaikinya dengan mengganti langsung atau kalau tipe mobil lama bisa mengganti sil karetnya dengan yang baru dan mengganti oli suspensi baru. Kalau mobil modern biasanya rusak harus ganti langsung," demikian dikatakan Andi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Andi, kerusakan pada suspensi umumnya tidak terjadi dalam waktu singkat. Beberapa penyebabnya adalah Kebiasaan melewati jalan rusak atau kendaraan sering memuat beban berat.

"Pemilik kendaraan pun bisa merasakan kenyamanan yang berkurang bila suspensi tidak bekerja dengan baik. Salah satu petunjuknya adalah sisi ban yang habis tidak bersamaan," kata Andi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri-ciri Suspensi Mobil Mulai Butuh Perbaikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/05/182100515/ciri-ciri-suspensi-mobil-mulai-butuh-perbaikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm