Ilustrasi Daging Ayam
Ilustrasi Daging Ayam ( life.m.klikpositif.com)

3 Tips Untuk Memilih Daging Ayam Segar Sebelum Mengolahnya

8 Agustus 2020 15:37 WIB

SonoraBangka.id - Memilih bahan yang segar sebelum memasak, tentu hal yang penting dilakukan termasuk ketika kamu ingin memasak ayam. Nah, apakah kamu sering menyajikan masakan berbahan dasar ayam? Berikut ini tips memilih daging ayam segar oleh Executive Chef Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta, Hamdan, yang dikutip dari Kompas.com. agar lebih paham.

1. Warna daging merah muda

Pilih daging ayam yang masih berwarna merah muda atau agak kemerah-merahan. Karena ayam potong yang masih segar dapat diketahui dari warnanya. Daging yang berwarna agak kemerahan menandakan ayam baru dipotong, sedangkan daging yang berwarna pucat, artinya sudah dipotong sehari atau dua hari sebelumnya.

2. Tekstur elastis

Tanda bahwa daging ayam masih segar adalah dari tekstur daging yang elastis. Cara memastikan nya kamu bisa mengujinya dengan menekan daging ayam. Jika daging ayam ditekan, kemudian kembali ke keadaan semula atau tidak meniggalkan bekas, tandanya daging ayam masih segar. Sementara jika daging ditekan dan meninggalkan bekas tekanan, tandanya daging sudah tidak segar. Tekstur daging ayam yang lembek dan berlendir itu menandakan bahwa daging ayam sudah rusak. Jika daging ayam lembek dan berlendir, artinya ayam sudah mengalami proses pembekuan dan pencairan berulang kali yang menyebabkan sel-sel daging ayam rusak.

3. Aroma segar

Mencium aroma atau baunya adalah cara untuk  mengetahui daging ayam yang segar. Aroma segar yang khas, tidak anyir, tidak menyengat atau amis adalah ciri-ciri dari daging ayam yang masih bagus.

Sebaiknya perlu diketahui juga cara menyimpan daging ayam , setelah mengetahui ciri-ciri dan tips mengetahui daging ayam yang segar,. Daging ayam dapat bertahan selama dua sampai tiga bulan dengan syarat daging harus disimpan pada suhu yang sesuai. Suhu yang pas untuk menyimpan daging ayam adalah pada suhu frezeer (beku). Jika pada suhu ruang, ayam hanya bisa bertahan 4-6 jam saja, selebihnya kualitas ayam sudah menurun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Pilih Daging Ayam Segar, Lihat dari 3 Hal Ini...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/07/091100275/cara-pilih-daging-ayam-segar-lihat-dari-3-hal-ini-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm