ilustrasi anak bermain gadget
ilustrasi anak bermain gadget ( Shutterstock )

Yang Harus Orangtua Lakukan Jika Anak Terpapar Gadget ?

9 Agustus 2020 06:53 WIB

 

SonoraBangka.id - Di Jaman modern saat ini, kita tidak lepas dari pengaruh gadget.

Apalagi di tengak kondisi saat ini, dimana anak-anak masih mengharuskan melakukan pembelajaran  jarak jauh atau e-learning.

Hampir semua kegiatan dilakukan dirumah karena masih pandemi  covid-19.

Nah, dengan kondisi ini tugas anak-anak tentu dikerjakan melalui perantara gadget dan ini secara tidak langsung memang mengharuskan anak menggunakan gadget hampir sepanjang hari untuk melihat tugas dari sekolah.

Sebenarnya bagaimana dampak paparan sinar layar gadget itu sendiri untuk anak ?

Paparan gadget akan berpengaruh terhadap kondisi fisik anak, terutama mata, ini disampaikan oleh Dr. Aisah Dahlan, CHt, pakar neuro parenting.

Ia juga mengatakan dalam webinar "Solusi Cerdas Mendampingi Anak Selama Masa Pandemi" pada Selasa (4/8/2020) pagi bahwa terlalu sering menatap layar gadget akan berdampak pada otak anak.

Maka dari itu ajarkanlah anak untuk melakukan peregangan.

Karena biasanya sebagai orangtua , jika memberi tahu anak bagaimana penggunaan gadget yang aman buat kesehatan mata dan otak, mereka pasti akan mau mengikuti.

Berikut, ada dua cara melakukan peregangan pada mata saat kita menatap layar :

Pertama 20-20, yaitu 20 menit melihat gadget, dan 20 menit istirahat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm