Ilustrasi hibachi.
Ilustrasi hibachi. ( Dok. Shutterstock/BlueOrange Studio)

Asal-Usul Dan Ciri Khas Yang Membedakan Teppanyaki Serta Hibachi

13 Agustus 2020 07:15 WIB

SonoraBangka.id - Banyak orang mungkin bingung membedakan teppanyaki dan hibachi. Teppanyaki dan hibachi adalah teknik memanggang makanan di atas api dengan suhu tinggi dan terbuka asal Jepang. Kedua teknik tersebut menggunakan pemanggang untuk menyiapkan berbagai jenis makanan dan memungkinkan para tamu dapat menyaksikan proses masak langsung. Berikut ini perbedaan asal-usul dan ciri khas dan yang membedakan teppanyaki serta hibachi yang  dilansir Benihana dan Onthegas.

1. Perbedaan teppanyaki dan hibachi

Dalam Bahasa Jepang pemanggang hibachi disebut shichirin dan merupakan pemanggang barbekyu portabel kecil yang terbuat dari besi cor. Biasanya menggunakan arang sebagai sumber panas dan panggangan ini memiliki desain bentuk terbuka. Saat ini, Hibachi modern di restoran AS sudah menggunakan listrik sehingga dapat digunakan untuk memasak makanan di dalam ruangan. Sebaliknya, teknik memanggang teppanyaki menggunakan wajan besi dengan permukaan datar dan padat untuk menyiapkan makanan langsung di depan tamu. Biasanya panggangan teppanyaki menggunakan api gas propana sebagai sumber panas. Para tamu dapat duduk di sekitar pemanggang teppanyaki sehingga mereka dapat melihat keterampilan koki teppan memanggang hidangan. Uniknya kalau ke Amerika Serikat, teppanyaki ini justru disebut hibachi. Oleh karena itu lazim terjadi perbedaan maksud ketika bicara teppanyaki dan hibachi di Amerika Serikat.

2. Asal usul dan ciri khas hibachi

Ada antara 794 dan 1185 M, sejarah panggangan hibachi diperkirakan berasal dari periode Heian. Kata hibachi berarti “mangkuk api” dan mengacu pada bentuk silinder dari wadah tersebut, yang memiliki bagian atas terbuka dan dirancang untuk membakar kayu atau arang. Kebanyakan panggangan hibachi sangat dekoratif dan beberapa dibuat sangat ringkas, sehingga dapat dipindahkan dengan mudah. Wadah hibachi terbuat dari kayu atau keramik dan dilapisi dengan logam. Asal usul dan ciri khas teppanyaki Asal usul teppanyaki tidak jelas. Beberapa orang percaya bahwa teknik memasak teppanyaki Jepang berasal dari 200 tahun yang lalu ketika satu keluarga berkumpul untuk menyiapkan makan malam mereka di atas panggangan kecil. Sebagian besar orang juga setuju bahwa teppanyaki pertama kali diperkenalkan oleh koki Jepang sebagai gaya panggang di Amerika Serikat. Teppan berarti piring besi dan yaki berarti digoreng atau dipanggang. Panggangan teppanyaki dapat ditemukan di banyak restoran Jepang dengan bentuk panggangan datar yang memanjang di depan tempat duduk para tamu. Para koki memanggang makanan yang dipesan di depan para tamu, dan menunjukan keterampilan memainkan pisau yang memukau. Koki teppanyaki ini biasanya melalui latihan yang panjang sebelum memasak di depan tamu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Beda Teppanyaki dan Hibachi? Teknik Masak Suhu Tinggi ala Jepang ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/12/200900075/apa-beda-teppanyaki-dan-hibachi-teknik-masak-suhu-tinggi-ala-jepang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm