Ilustrasi kue cucur
Ilustrasi kue cucur ( Yessi Frenda / shutterstock)

Resep Kue Cucur Gula Merah, Jajanan Pasar Bertekstur Padat Dan Empuk

13 Agustus 2020 12:26 WIB

SonoraBangka.id - Tak terkecuali kue cucur, kue tradisional Indonesia menjadi salah satu pilihan menu sarapan atau camilan di siang hari.Tekstur yang dimiliki jajanan pasar satu ini adalah padat dan empuk. Di bagian pinggirnya sedikit renyah dan rasanya manis. Kamu juga bisa mencoba membuat kue cucur di rumah. Kue cucur ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan gula merah. Agar hasil maksimal, perlu ketelitian dalam membuatnya.Terutama perhatikan jumlah minyak untuk menggoreng. Buku "Kue Tradisional Anti Gagal" (2013) oleh Siti Fatimah, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, membagikan resep kue cucur gula merah anti gagal. Berikut resepnya :

Resep kue cucur gula merah

Bahan :

  • 175 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt gula halus
  • 80 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat kue cucur gula merah :

  1. Rebus air, gula merah, gula pasir, dan daun pandan sampai gula larut. Angkat dan biarkan suam-suam kuku.
  2. Ayak tepung beras dan tepung terigu, letakkan dalam baskom, tuang 125 ml air gula merah, aduk pakai tangan dengan gerakan seperti memukul selama 15 menit.
  3. Masukkan garam, tuang sisa air gula sambil terus diaduk dengan tangan dan sama seperti sebelumnya, aduk dengan gerakan seperti memukul selama 15 menit.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil, tuang 1 sendok sayur adonan, goreng sampai kecoklatan dan bentuk renda. Goyangkan dengan lidi, goreng sampai matang, angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat.

    Tips
  5. Saat menggoreng adonan kue cucur, minyak goreng harus banyak. Saat adonan dituangkan, adonan harus terendam.
  6. Saat akan menuang adonan, pastikan minyak sudah panas. Ketika digoreng, adonan sudah terbentuk.
  7. Goyang perlahan bagian tengah cucur dengan lidi sate agar bagian tengahnya yang belum matang keluar dan membentuk renda di tepi kue.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Cucur Gula Merah, Jajanan Pasar yang Laku Dijual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/13/111100175/resep-kue-cucur-gula-merah-jajanan-pasar-yang-laku-dijual.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm