Sirkuit Portimao (Snaplap.net)
Sirkuit Portimao (Snaplap.net) ( tribunnews.com)

Banyak Pebalap Yang Menilai Sirkuit Portimao Sangat Sulit

13 Agustus 2020 17:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Resmi menjadi seri penutup musim ini adalah MotoGP Portugal  dan akan digelar di Sirkuit Portimao. Uniknya, banyak pebalap yang menilai sirkuit ini sangat sulit.

Adapun Sirkuit Portimao belum pernah digunakan untuk mengadakan MotoGP. Hanya kejuaraan World Superbike (WSBK) saja yang menjadikan sirkuit ini sebagai salah satu tuan rumah. Sedikit sekali pebalap yang pernah merasakan balapan di sana.

Adalah Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow pernah merasakan balapan di sirkuit tersebut saat masih berada di World Supersport dan WSBK di 2008 hingga 2010.

Menurut Crutchlow, Sirkuit Portimao adalah yang terbaik di dunia kalau menggunakan motor 600 cc. Tapi, kalau menggunakan motor yang lebih besar, maka lain lagi ceritanya.

"Saya pernah merasakan balapan di Sirkuit Portimao, tapi itu 11 tahun yang lalu. Saya tak sabar untuk bisa ke sana, karena permukaannya sudah diaspal lagi," ujar Crutchlow, dikutip dari Motorsport.com.

Ditambahkan Crutchlow , dirinya tidak yakin pengalamannya di trek tersebut akan memberikan perubahan. Karena, menurutnya semua pebalap bisa mempelajari trek secara cepat. Walaupun, treknya sangat sulit dipelajari.

Sedangkan pebalap Aprilia Aleix Espargaro, juga pernah mencoba sirkuit tersebut dengan motor biasa bersama Alex Rins pada Juni lalu. Menurut Aleix, sirkuit ini tak hanya sulit, tapi juga keamanannya mencapai batas untuk MotoGP.

"Saya mencobanya dengan motor jalanan standar Aprilia, dan saya menghabiskan dua jam pertama hanya untuk mempelajari trek," kata Aleix.

Menurut Aleix, sulit untuk mempelajari di mana harus akselerasi dan di mana harus melakukan pengereman. Walau treknya menyenangkan, tapi Aleix berpendapat tanjakan dan turunan di sirkuit cukup berbahaya bagi motor MotoGP karena terlalu agresif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sirkuit Portimao Disebut Super Sulit buat MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/150100415/sirkuit-portimao-disebut-super-sulit-buat-motogp.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm