Band Smailing Jenderal rilis lagu Garuda Pancaroba.
Band Smailing Jenderal rilis lagu Garuda Pancaroba. ( tribunnews)

''Garuda Pancaroba'' Lagu Persembahan Smailing Jendral Untuk Ultah Indonesia

14 Agustus 2020 15:26 WIB

SonoraBangka.ID - Tiap warga negara punya cara sendiri untuk mengisi HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Bagi seorang seniman, tentu lewat ekspresi seninya.

Hal itulah yang dilakukan Bongky Marcel, mantan personel Slank yang kemudian mendirikan beberapa grup band salah satunya BIP.

 

Dalam rangka hari ulang tahun Indonesia yang ke 75, Bongky melaunching kembali lagu berjudul ‘Garuda Pancaroba’. Lagu ini dicuplik dari album kedua BIP di tahun 2001.

Hanya saja, Bongky mempersembahkan kembali lagu ‘Garuda Pancaroba’ ini, bersama grup band terbarunya, Smailing Jenderal yang beranggotakan, Bongky (bas), Irang Arkad (vokal), Jaka Djakers (drum) dan Thomas (gitar).

Kenapa BIP harus berganti wajah menjadi Smailing Jendral hanya untuk menyanyikan lagu lamanya. Bisa dibilang Smailing Jendral buat mereka adalah wadah untuk menyelesaikan misi yang belum terselesaikan. Ide, kreatifitas dan energi yang ada masih berlimpah. Dan buat Bongky sendiri ketika Smailing Jendral terbentuk seperti menemukan jati dirinya kembali sebagai musisi yang utuh dan kritis.

Masih menurut Bongky, saat ditemui di studio milik Zonmer Official, di bilangan Bangka, Mampang Prapatan, lagu ‘Garuda Pancaroba’ sangat relevan dengan perkembangan negara saat ini. Di mana menurutnya, ada upaya yang ingin mengutak – atik Pancasila.

"Kenapa memilih lagu Garuda Pancaroba, karena banyak pihak yang mau mengubah garuda yang aslinya jadi suatu kepentingan tersendiri. Jadi, saya bertanggung jawab atas nama akamsi (anak kampung sini –red) Indonesia Raya untuk menjaga Pancasila yang sesungguhnya. Meskipun lagu ini sudah lama dibuat, harusnya terus diperdengarkan agar Garuda Pancasila tidak berubah sampai kapan pun," terang Bongky, pentolan Smailing Jendral.

Bisa dibilang mereka menemukan momentum tepat untuk mengaransemen ulang serta merilis lagu "Garuda Pancaroba" Agustus ini.

“Pancasila sudah final. Kita tinggal mengamalkannya. Tak perlu lagi diperas menjadi Tri Sila atau Eka Sila. Maka dari itu, jangan sampai ada pihak yang ingin mengganti Pancasila menjadi dasar yang lain. Pancasila adalah kesepakatan para pendiri bangsa. Dan sudah sangat cocok bagi Bangsa Indonesia,” tandas Bongky.

Rencananya lagu ‘Garuda Pancaroba’ ini akan diputar di berbagai plaform digital. Salah satunya di chanel youtube Zonmer Offcicial.

Sumbertribunnews
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm