EQRS berfungsi untuk memudahkan melepas kepala pengendara dari helm jika terjadi kondisi darurat. (Foto: premiumhelmets.com.au)
EQRS berfungsi untuk memudahkan melepas kepala pengendara dari helm jika terjadi kondisi darurat. (Foto: premiumhelmets.com.au) ( kompas.com)

Helm Motocross Tidak Disarankan Untuk Digunakan Harian

14 Agustus 2020 18:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengemudikan motor pastinya wajib untuk mengenakan helm. Helm yang digunakan berguna untuk melindungi kepala agar mengurangi risiko cedera saat terlibat dalam kecelakaan.

Bentuk helm full face yang ada di pasaran ada beragam, salah satu contohnya yaitu helm motocross. Helm motocross memiliki bentuk yang lebih unik, seperti model dagu yang mengerucut dan adanya tambahan pet yang panjang.

Kedua komponen tadi yang ada di helm motocross sangat berperan dalam penggunaan off road. Lantas bagaimana kalau helm motocross ini dipakai untuk harian di jalan aspal?

Setyo Suyarko, sebagai Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, mengatakan, sebaiknya gunakan helm sesuai dengan peruntukkannya. Setyo beropini jika helm motocross tidak disarankan untuk digunakan harian.

“Desain dari helm motocross kurang smooth atau bulat, dan jika jatuh kemungkinan akan memperbesar risiko cedera,” kata Setyo kepada Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

Jusri Pulubuhu, sebagai Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting,  juga mengatakan hal yang sama. Helm motocross tidak direkomendasikan untuk kecepatan tinggi seperti di on road atau aspal.

“Karena kalau dipakai di aspal, seharusnya benturan kepala saat terjatuh di aspal, tidak ada hambatan dari bentuk helmnya yang bisa mencederai leher, oleh karena itu bentuk helmnya bundar,” kata Jusri kepada Kompas.com.

Setyo menambahkan, helm motocross tidak menggunakan visor. Pada saat berjalan di aspal, banyak kendaraan yang bergerak dengan kecepatan menengah sampai tinggi, jadi kalau tanpa visor muka kurang terlindungi dengan maksimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Pakai Helm Motocross buat Harian", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/13/202100515/jangan-pakai-helm-motocross-buat-harian.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm