Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com)
Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com) ( kompas.com)

Agar Tidak Tertipu, Ketahui Ciri-ciri Aki Mobil Rekondisi

14 Agustus 2020 19:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk pemilik kendaraan yang punya rencana mengganti aki mobil, harus sedikit lebih teliti pada saat membeli. Karena, banyak beredar aki rekondisi dijual secara bebas dan diklaim baru, sehingga dapat merugikan konsumen.

Didi Ahadi, sebagai Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Agar tidak tertipu, memberikan tips. Paling utama, jangan membeli aki di toko yang tidak terpercaya, misal sekaligus menawarkan tukar tambah.

“Sebaiknya beli atau ganti aki di toko yang sudah terpercaya. Kalau direkondisi itu, aki yang sudah lama diperbaiki lagi, lalu dibersihkan dan dijual lagi dengan harga yang setengah lebih murah,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Didi melanjutkan, Ciri lain, bisa dilihat dari terminal negatif dan positif. Apabila sudah ada goresan atau covernya mengembung dipastikan itu aki yang rekondisi. Faktor lain, bisa dilihat juga dari tampilan warna, terkadang sedikit kusam.

“Biasanya itu ciri-ciri utamanya, mau aki basah atau kering. Biasanya yang direkondisi aki basah konvensional bukan kering, karena aki kering jarang direkondisi,” kata Didi.

Tidak hanya itu, konsumen juga harus curiga apabila penjual hanya memberikan garansi sekitar satu atau tiga bulan. karena, kalau membeli di tempat yang terpercaya atau aki baru diberikan garansi sekitar satu tahun.

“Memang tidak selalu seperti itu, tetapi kita sudah harus curiga jika kondisi aki tersebut sudah seperti yang saya sebutkan sebelumnya,” tutur Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Tertipu, Kenali Ciri-ciri Aki Mobil Rekondisi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/14/094200115/jangan-tertipu-kenali-ciri-ciri-aki-mobil-rekondisi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm