Ilustrasi Nasi Goreng Kecap
Ilustrasi Nasi Goreng Kecap ( Dok. sajiku)

Agar Tak Lengket Dan Menggumpal, Berikut 4 trik Masak Nasi Goreng

15 Agustus 2020 12:24 WIB

SonoraBangka.id - Nasi goreng mungkin terkesan mudah untuk memasaknya. Namun kadang kala nasi bisa jadi lengket dan menempel pada wajan, bahkan bisa menggumpal ketika digoreng. Agung Budiharto Executive Chef The Groves Suites by Grand Aston, memberikan beberapa trik khusus agar nasi tak lengket dan tak menggumpal ketika digoreng dalam program #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel seperti berikut ini :


1. Jangan gunakan nasi lembek

Selain terlihat tak menarik, nasi goreng yang menggumpal, rasanya juga akan berbeda karena bumbu tak tersebar merata. Untuk menghindari hal itu ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan adalah pastikan untuk menggunakan nasi yang tidak lembek. Agar tak mendapatkan nasi lembek, itu bergantung pada proses memasaknya. Nasi dingin dan agak pera bisa dengan mudah dimasak tanpa menggumpal. Jangan memasukkan terlalu banyak air ketika memasak nasi. “Masak nasi untuk nasi goreng tidak boleh terlalu banyak air. Kira-kira di bawah ruas jari telunjuk kita agar bisa menghasilkan nasi yang bagus untuk nasi goreng,” kata Agung pada Kompas.com.

2. Beri sedikit minyak

Agar nasi tak menggumpal ketika digoreng cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan sedikit minyak pada nasi sebelum dimasak lalu diaduk rata. Jangan terlalu banyak, karena nasi goreng yang terlalu berminyak jadi tak enak. 

3. Wajan harus panas

Untuk menghindari nasi lengket pada wajan, saat proses memasak,  kamu harus memastikan wajan harus benar-benar panas terlebih dahulu sebelum mulai memasak. “Wajan kita enggak boleh setengah panas karena nanti akan bikin lengket,” terang Agung. Setelah wajan benar-benar panas, tuangkan minyak lalu panaskan minyak sampai benar-benar panas. Baru lah kamu bisa memasukkan telur, bawang, dan campuran bumbu lainnya setelah minyak panas.

4. Gunakan api besar saat memasak

Sebaiknya, selama memasak juga gunakan api besar. Dengan menggunakan api besar, nasi tidak akan lengket ke wajan. Namun tak sepanjang proses memasak kamu harus terus menggunakan api besar. Kamu juga perlu mempermainkan besaran api agar nasi goreng tidak gosong. “Kita harus mengetahui timing atau waktu dan punya perkiraan kapan kita harus membesarkan api dan kapan harus kita kecilkan,” jelas Agung. “Semua itu bisa dilihat di saat kita memasak nasi goreng lihat asap yang keluar dari wajan dan nasi yang kita masak,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Trik Masak Nasi Goreng Agar Nasi Tak Lengket dan Menggumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/13/220100675/4-trik-masak-nasi-goreng-agar-nasi-tak-lengket-dan-menggumpal?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm