Beberapa tipe ban merek Bridgestone. (Kompas.com/Alsadad Rudi)
Beberapa tipe ban merek Bridgestone. (Kompas.com/Alsadad Rudi) ( kompas.com)

Ketahui, Arti Garis Warna-Warni Untuk Ban Baru

15 Agustus 2020 16:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk telapak ban yang masih baru, biasanya ditemukan garis warna-warni. Sebelum digunakan ke pelek, garis ini masih bisa terlihat. Tapi seiiring masa pemakaian, garis ini hilang dengan sendirinya.

Zulpata Zainal, sebagai On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk  menjelaskan, garis warna-warni pada ban atau yang biasa disebut dengan “trade mark”. Fungsinya lebih ke arah keperluan internal, bukan untuk konsumen.

“Tidak ada pengaruhnya ke perfoma atau spesifikasi ban. Hanya saja untuk memudahkan membedakan ukuran ban,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Dialnjutkan Zulpata, sebagai contoh untuk Avanza 185/70 R14 , semua ban pada ukuran tersebut akan sama warna pada telapaknya.

“Cara tesebut dibuat untuk memudahkan petugas parbik yang harus memindahkan ban dalam jumlah banyak. Sehingga dibuatlah garis warna-warni untuk memudahkan pekerjaannya,” kata Zulpata.

“Jadi cukup melihat tapaknya saja, sudah langsung tahu berapa ukurannya. Tidak perlu sampai mengamati bagian sampingnya,” lanjut Zulpata.

Menurut Zulpata, Walaupun demikian, tread mark ini tidak baku untuk pabrikan ban, ukuran sama antara pabrikan ban bisa saja warnanya beda. Tapi untuk satu pabrik pasti sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak yang Belum Tahu, Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/15/084200615/banyak-yang-belum-tahu-arti-garis-warna-warni-pada-ban-baru.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm