ilustrasi
ilustrasi ( freepik.com)

Kamu Punya Hasrat Berlebih Untuk Kurus ? Hati-Hati Anoreksia

15 Agustus 2020 16:57 WIB

SonoraBangka.id - Banyak orang takut kegemukan. Terutama pada kaum hawa yang umumnya sangat mendambakan penampilan sempurna.

Tak sedikit dari mereka yang terobsesi pada tubuh proposional melakukan hal yang sangat ekstrim.

Tak wajar memang, tapi itulah yang terjadi pada orang yang fobia akan makan!

Taukah kalian kalau orang yang mengalami hal tersebut punya penyakit tersendiri? Ya...anoreksia.

Anoreksia itu sendiri adalah salah satu jenis gangguan makan yang ditandai dengan keinginan memiliki tubuh kurus secara berlebihan. Gangguan ini umumnya dialami para remaja.

Psikolog dari Klinik LightHOUSE, Naomi Ernawati Lestari mengungkapkan, gejala anoreksia bisa dilihat secara fisik maupun psikologis.

Naomi dalam temu media di Jakarta, Jumat (24/2/2017) mengatakan bahwa gejala fisiknya itu kulit kering, gigi keropos, rambut rontok, dan sampai tidak menstruasi lagi karena kekurangan gizi.

Anoreksia bisa berujung pada kematian akibat malnutrisi yang membuat rusaknya organ-organ tubuh, dan bukan sekadar tak mau makan saja.

Sangat penting bagi orangtua mengenali tanda-tanda atau gejala anoreksia pada anak.

Anoreksia membuat berat badan di bawah indeks massa tubuh yang normal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm