Ilustrasi Mi Goreng
Ilustrasi Mi Goreng ( copyright by Shutterstock)

Agar Tidak Menggumpal Dan Putus, Berikut 5 Langkah Masak Mi Goreng

18 Agustus 2020 12:16 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin terkesan sederhana ketika kita memasak mi goreng. Namun bisa saja mi goreng yang kamu masak jadi tak sempurna karena menggumpal dan putus-putus jika salah langkah. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti disampaikan oleh Executive Chef The Grove Suite by Grand Aston, Agung Budiharto untuk membuat mi goreng yang punya tekstur serta bentuk sempurna.

1. Jangan rebus mi terlalu matang

Sebelum digoreng dengan bumbu lainnya mi sebaiknya direbus tidak sampai benar-benar matang sempurna agar mi tak gampang putus,. “Masak mi dengan menggunakan air panas dan jangan terlalu lama atau overcook. Cukup 80 persen tingkat kematangan lalu angkat,” kata Agung pada Kompas.com.

2. Gunakan sedikit minyak setelah mi direbus

Beri sedikit minyak sayur agar mi tidak menggumpal ketika digoreng setelah mi yang direbus diangkat dan ditiriskan. Tuang minyak ke dalam mi, lalu aduk hingga rata. Sambil diaduk, proses memasak dari pada mi akan terus berlangsung hingga mi matang sempurna.

3. Gunakan api sedang

Masukkan bumbu dan telur lalu aduk rata setelah memanaskan wajan dan minyak, lalu Setelah itu masukkan sayurannya dan masak hingga matang. Setelah sayuran matang, baru masukkan mi yang sudah dilumuri minyak sayur tadi. Beri garam dan lada untuk perasa, juga kecap lalu aduk hingga rata. “Gunakan api sedang agar tidak gosong,” pungkas Agung.

4. Masak mi pakai spatula dibantu sumpit

Dikutip dari TheKitchn, ada tips tambahan agar masak mi tidak gampang putus. Aduk mi goreng  dengan menggunakan dua alat sekaligus, yaitu spatula dan sumpit. Pegang alat tersebut di kedua tangan, lalu aduk mie dengan mengangkatnya ke atas. Jika tidak punya sumpit, kamu bisa menggunakan dua spatula untuk mengaduk mi.

5. Gunting mi yang menggumpal

Kita sering kali mendapati mi yang digoreng berbentuk gumpalan besar, hal ini juga menyulitkan saat mengaduk mi. Trik agar mi tidak meggumpal, potong mi sebelum digoreng untuk memudahkan kmencampur mi dengan bahan tumisan lain. Kamu bisa menggunakan gunting untuk memotong mi.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Trik Masak Mi Goreng Agar Tidak Menggumpal dan Putus", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/18/080700175/5-trik-masak-mi-goreng-agar-tidak-menggumpal-dan-putus?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm