Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan dalam Dialog Kebangsaan HUT TVRI ke - 58, di Pesanggrahan Muntok, Rabu ( 19/08/2020 ) malam.
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan dalam Dialog Kebangsaan HUT TVRI ke - 58, di Pesanggrahan Muntok, Rabu ( 19/08/2020 ) malam. ( Ist)

Pesanggrahan Muntok Tempat Tinggal Para Pendiri Bangsa

20 Agustus 2020 12:45 WIB

SonoraBangka.id - Pesanggrahan Muntok merupakan tempat tinggal para pendiri bangsa yakni Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir saat diasingkan Pemerintah Belanda di Pulau Bangka.Menurutnya, banyak kebijakan dan keputusan-keputusan penting, lahir dari bangunan bersejarah ini.

" Pada saat Bung Karno dan kawan-kawannya Mohammad Hatta, Syahrir dan sebagainya diasingkan dari Jogja ke tanah Bangka itu, Wisma Pesanggrahan ini lah yang menjadi tempat tinggal mereka, dan disini lah beberapa kebijakan - kebijakan dan keputusan dilakukan oleh Bung Karno dan Bung Hatta di waktu itu mengendalikan Pemerintahan Indonesia," ujar Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan dalam Dialog Kebangsaan HUT TVRI ke - 58, di Pesanggrahan Muntok, Rabu ( 19/08/2020 ) malam.

Dikatakan Erzaldi, Kota Muntok menyimpah sejarah yang begitu besar bagi Bangka Belitung dan Indonesia. Bahkan, saat Bung Karno dan Bung Hatta serta kawan-kawan begitu mencintai dan terkesan saat berada di tanah Bangka.

" Inilah kekuatan Indonesia yang pada saat Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan ke Muntok ini, dia menggerakkan bangsa Indonesia ini terus berjuang melawan Pemerintahan Hindia Belanda pada saat itu," jelas Erzaldi.

Gubernur Erzaldi menambahkan semangat para pendiri bangsa menjadi aset yang sangat luar biasa untuk Bangka Belitung. Yang mana aset tersebut adalah keharmomisan kehidupan di Bangka Belitung.

" Keharmonisan itu tentunya juga lebih besar lagi kita maknai sebagai kebhinekaan. Jadi ini tidak main-main, aset keharmonisan ini adalah kunci jika kita ingin tetap negara kita ini eksis dan dan menjadi kekuatan di dunia ini," pungkasnya. 

SumberRilis
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm