Nyamuk aedes aegypti.
Nyamuk aedes aegypti. ( Kompas.com)

Lepas 750 Juta Nyamuk Hasil Modifikasi, Apa Tujuan Florida ?

24 Agustus 2020 15:49 WIB

 

SonoraBangka.id - Pelepasan 750 juta nyamuk yang telah dimodifikasi secara genetik di wilayah Florida telah di setujui oleh pemerintah setempat.

Persetujuan atas proyek ini akhirnya muncul setelah perdebatan bertahun-tahun yang mengundang protes keras dari kelompok lingkungan yang memperingatkan dampak buruknya.

Pelepasan ratusan juta nyamuk ini bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk pembawa penyakit seperti demam berdarah atau virus Zika.

Proyek ini oleh salah satu kelompok aktivis lingkungan setempat di juluki sebagai eksperimen Jurassic Park.

Kerusakan ekosistem, picu perkawinan hibrida, dan nyamuk jadi tahan pada insektisida, adalah hal yang dikhawatirkan para aktivis tersebut.

Namun begitu, perusahaan yang terlibat dalam proyek ini menjami tidak akan ada risiko yang merugikan manusia maupun lingkungan.

Selain itu, pemerintah setempat juga mendukung serangkaian studi yang mereka lakukan.

Rencananya pelepasan ratusan juta nyamuk pada 2021 di Florida Keys ini akan dilakukan beberapa bulan setelah nyamuk yang dimodifikasi disetujui oleh regulator federal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm