Ilustrasi roti gandum terbuat dari biji gandum utuh.
Ilustrasi roti gandum terbuat dari biji gandum utuh. ( SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKERL)

Sama-Sama Roti, Berikut 3 perbedaan Antara Roti Tawar Dan Roti Gandum

24 Agustus 2020 15:50 WIB

SonoraBangka.id - Roti gandum dan roti tawar biasa beredar di pasaran. Rupanya walaupun dari bahan dasar yang sama, terdapat sejumlah perbedaan antara roti tawar biasa dengan roti gandum.  Keduanya terbuat dari biji gandum. Namun, biasanya label roti gandum akan ditulis “gandum utuh”.  Mulai dari proses pembuatan sampai kandungannya. Apa saja perbedaan kedua roti tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Penggunaan tepung dan proses pembuatannya

Kata “utuh” pada label roti gandum jika dilansir dari Live Strong, menunjukkan bahwa biji gandum yang digunakan sebagai bahan dasar tepungnya belum dimurnikan atau dilucuti dari lapisan luarnya. Dengan kata lain, tepung gandum untuk membuat roti gandum mengandung ketiga bagian biji-bijian: dedak/kulit (lapisan luar), bagian lembaga/germ (bagian paling dalam) dan endosperma (bagian bertepung) dengan proporsi yang sama seperti saat tumbuh di ladang. Berbeda dengan tepung untuk roti tawar, biji gandum sebagai bahan dasar tempungnya sudah mengalami pemurnian atau dikenal dengan gandum putih/olahan yang hanya menggunakan bagian endosperma pada biji gandum.

2. Biasa dikonsumsi sebagai apa?

Roti tawar dan roti gandum baik untuk camilan sampai hidangan pendamping pada sop kental ala Eropa dan bisa dimakan pakai apa saja. Melansir Oh My Veggies, roti tawar punya kelebihan sendiri dari roti gandum. Roti tawar punya rasa yang lebih enak dan gampang ditemukan di pasaran. Oleh karena itu, roti tawar sering dipakai untuk aneka masakan baik di rumah, restoran maupun toko roti. Namun, bukan berarti roti gandum tidak dipakai di tempat-tempat tersebut. Hanya saja cukup jarang, karena persediaannya di pasaran masih terbatas.

3. Manfaat roti tawar biasa dan roti gandum

Baik roti tawar dan roti gandum , melansir dari Chowhound, keduanya memiliki kandungan nutrisi yang ringan. Biji gandum pada tepung memiliki kandungan serat, vitamin B6 dan E, magnesium, seng, folat dan kromium. Namun, perbedaan paling besar yaitu kandungan serat tinggi pada roti gandum. Serat sendiri dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, serat yang tinggi pada roti gandum juga dapat menurunkan atau mempertahankan berat badan seseorang sehingga roti gandum ini banyak dikonsumsi bagi orang yang sedang diet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Roti Tawar Biasa dengan Roti Gandum, Seperti Apa?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/24/140600975/3-beda-roti-tawar-biasa-dengan-roti-gandum-seperti-apa-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm