Pantai Matras, Sungailiat Bangka
Pantai Matras, Sungailiat Bangka ( Istimewa)

Pantai Matras Sering Menelan Korban, Mungkinkah Palung Laut Penyebabnya?

25 Agustus 2020 09:00 WIB

SonoraBangka.ID - Perairan Pantai Matras Sungailiat, Bangka sudah beberapa kali menelan korban dari kalangan pengunjung yang terseret arus. Bahkan beberapa diantaranya hingga merenggang nyawa di perairan ini.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Matras, Sungailiat, Bangka, Ridwan menerangkan dugaannya terkait penyebab peristiwa yang terjadi.

"Kebanyakan terjadi pada saat cuaca dan gelombang tinggi serta arus yang kencang (saat itulah sering orang terseret gelombang dan tenggelam di Perairan Pantai Matras -red)," tutur Lurah Matras Sungailiat Bangka, Ridwan dikutip dari Bangkapos.com, Senin (24/8/2020) malam.

Keterangan itu ia sampaikan sehari setelah tewasnya Anggota Brimob Polda Babel, Bripka Manalu akibat tenggelam diseret arus gelombang Pantai Matras, Minggu (23/8/2020) yang lalu.

Selain disebabkan oleh pengaruh cuaca tahunan di lautan, ada faktor lain yang didiuga menjadi penyebab adanya korban terseret gelombang lalu tenggelam di pantai tersebut.

"Di Perairan Pantai Matras ada palung (semacam lubang dasar laut -red) laut yang dalam, menyebabkan kecepatan arus seperti mata panah menuju ke laut. Kalau dilihat dari ketinggian kelihatan seperti arah arus busur panah," ungkapnya.

Setiap tahun cuaca buruk selalu datang di beberapa titik perairan di Kabupaten Bangka, termasuk Perairan Pantai Matras Sungailiat Bangka.

"Ditambah cuaca yang kurang bersahabat, gelombang tinggi, ikut jadi salah satu faktor. Teman-teman Pemuda Matras sudah sering memasang spanduk imbauan serta tanda pelampung di ujung batu tapi sering hilang," sesal Ridwan.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Hati-hati Ada Palung Dalam di Dasar Perairan Pantai Matras, Sering Menelan Korban

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm