Vinales alami rem depan blong di MotoGP Styria (Kompas.com/Donny)
Vinales alami rem depan blong di MotoGP Styria (Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

Vinales Menerima Kesalahannya di MotoGP Styria

29 Agustus 2020 19:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah kecelakaan fatal dialami Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Styria. Yamaha M1 yang digunakannya tak bisa digunakan untuk mengerem alias blong.

Vinales yang saa itu sedang melaju dengan kecepatan lebih dari 220 kilometer per jam, terpaksa lompat dari motor. Karena, rem depannya bermasalah dan tak bisa bekerja sama sekali.

Akibatnya, balapan harus dihentikan sementara. Sebagian pebalap juga menyesalkan hal tersebut, sebab performanya jadi berubah saat balapan dilanjutkan.

Misalnya, Joan Mir yang tadinya posisi paling depan jadi finis keempat. Pebalap Suzuki tersebut menganggap tindakan Vinales berbahaya.

Mir menyalahkan Vinales yang tidak langsung kembali ke paddock saat remnya bermasalah. Selain itu, Mir juga menyalahkan Vinales yang menggunakan kaliper lama Brembo.

"Itu semua salah saya. Saya tidak ingin berhenti hingga akhirnya rem tak bisa bekerja. Seharusnya saya berhenti lebih awal. Saya ingin meraih poin, untuk mengejar ketertinggalan di klasemen," ujar Vinales, dikutip dari GPone.com.

Walaupun demikian, Vinales menolak untuk dibilang tak bertanggung jawab yang dapat menyebabkan pebalap lain celaka.

"Ketika saya menyadari saya memiliki masalah dengan rem, saya mengangkat tangan agar pebalap lain bisa lewat. Saya di belakang (Andrea) Dovizioso dan membiarkannya menjauh," kata Vinales.

"Lalu, Valentino (Rossi) dan (Fabio) Quartararo datang dan rem bekerja kembali. Tapi ketika rem bermasalah lagi, saya membiarkan keduanya lewat. Saya tidak ingin membuat seseorang berada dalam resiko," ujar Vinales.

Pebalap dari Spanyol tersebut menungkapkan alasannya tidak menggunakan kaliper baru. Dirinya mendapat masalah ketika mencobanya. Namun saat MotoGP Austria, kaliper lama justru tak bermasalah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vinales Akui Kesalahannya di MotoGP Styria", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/29/130200215/vinales-akui-kesalahannya-di-motogp-styria.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm