Ilustrasi pancake.
Ilustrasi pancake. ( Dok. Shutterstock/gowithstock )

Berikut Ini 6 Cara Untuk Membuat Pancake Agar Fluffy dan Lembut

31 Agustus 2020 11:01 WIB

SonoraBangka.id - Cara membuat pancake memang sederhana, tetapi ada beberapa detail penting yang tak boleh terlewat. Pancake ideal adalah pancake yang tebal, mengembang, dan lembut. Namun untuk membuat pancake fluffy butuh teknik tersendiri. Dilansir dari Cafedelites, berikut tips untuk membuat pancake lembut dan mengembang atau fluffy:

1. Perhatikan kekentalan adonan pancake

Adonan yang ideal adalah adonan yang kental tetapi masih bisa dituang. Pancake dengan tesktur lembut dan mengembang berawal dari adonan yang bagus. Jika adonan terlalu kental maka pancake akan sulit matang merata. Sebaliknya jika terlalu encer pancake tidak akan mengembang. Trik untuk menguji adonan pancake adalah dengan mengecek kekentalan adonan.

2. Pemilihan wajan

Untuk mencegah pancake lengket meski sudah diberi mentega maka wajan yang digunakan harus wajan antilengket.

3. Atur api kompor 

Wajan harus dipanaskan dengan api sedang, jika sudah panas kecilkan api. Saat mengolesi mentega di wajan gunakan sedikit saja lalu gunakan selembar kertas makan untuk mengurangi mentega di wajan.

4. Tuang adonan dengan jumlah pas

Untuk menuang adonan lebih baik dari tengah dan dituang perlahan secara memutar. Adonan yang dituang sekitar 4 sendok makan (1/4 cup) agar bentuk pancake tidak terlalu besar atau kecil, tidak terlalu tipis atau tebal. Cara menuang ini agar adonan bisa mengembang bulat sempurna.

5. Jangan tergesa membalik pancake

Dalam memasak kesabaran menjadi kunci utama. Biarkan pancake matang dengan benar agar bentuknya cantik. Jika memasakan dengan api tinggi atau membaliknya terlalu cepat pancake tidak akan jadi. Tunggu hingga terbentuk gelembung di permukaan adonan, baru bisa dibalik.

6. Cara tepat balik adonan pancake

Membalik pancake pun terkadang menyulitkan, tapi ada caranya agar saat membalik pancake miring sebelah. Pakai spatula plastik, lalu selipkan perlahan di bawah pancake. Putar secara perlahan dan lembut dengan menggunakan pergelangan tangan. Membalik pancake dengan teknik ini mengontrol kekuatan tangan agar pancake bisa dibalik tanpa miring sebelah atau hancur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Bikin Pancake Fluffy dan Lembut, Seperti Dijual di Restoran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/30/131700275/7-cara-bikin-pancake-fluffy-dan-lembut-seperti-dijual-di-restoran?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm