lampu sein motor (Kompas.com/Fathan Radityasani)
lampu sein motor (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Menyalakan Lampu Sein Tidak Bisa Asal Sebelum Belok

3 September 2020 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lampu sein berfungsi untuk memberitahu pengendara lain kalau kita ingin berbelok. Sein kiri untuk belok ke kiri dan sebaliknya sein kanan untuk belok ke kanan.

Walau terkesan sepele tapi menyalakan sein juga tidak bisa asal. Kerap terjadi pengendara menyalakan sein terlalu dekat saat belok sehingga membuat pengendara lain tak nyaman.

Agus Sani, dari Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, nyalakan sein butuh perhitungan jangan terlalu jauh atau dekat belokan.

"Sein berfungsi sebagai isyarat atau tanda kita ingin berbelok, sebaiknya jarak 30 meter sebelum belok kita sudah menyalakan lampu sein, agar tidak terlalu jauh dan tidak juga terlalu dekat," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2020).

Agus mengatakan, perkiraan waktu dan jarak untuk menyalakan sein sebelum belok cukup penting agar pengendara lain punya antisipasi yang baik. 

"Sehingga pengendara di belakang kita dapat mengantisipasi situasi di depan, namun sebelum belok pastikan juga kita sudah mengurangi kecepatan jadi tidak mendadak belok," kata Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jarak yang Tepat Nyalakan Lampu Sein Sebelum Belok", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/02/150100015/jarak-yang-tepat-nyalakan-lampu-sein-sebelum-belok.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm