Ilustrasi cuci motor (http://4.bp.blogspot.com/)
Ilustrasi cuci motor (http://4.bp.blogspot.com/) ( kompas.com)

Cuci Motor Sendiri, Ada Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

6 September 2020 17:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengisi waktu libur akhir pekan di masa pandemi Covid-19 di rumah saja dengan melakukan sejumlah aktivitas ringan, misalnya mencuci sepeda motor.

Membersihkan kendaraan roda dua yang rutin digunakan sehari-hari tidak harus dibawa ke tempat cuci, tetapi dapat juga dilakukan sendiri di rumah.

Justru dengan mencuci sendiri di rumah, pemilik kendaraan tidak hanya dapat membersihkan sepeda motor saja.

Tetapi juga bisa sekalian melakukan pemeriksaan kondisi kendaraannya. Seperti melakukan pengecekan kondisi mur, baut atau bagian lainnya.

Dengan rutin melakukan pemeriksaan, otomatis keadaan kendaraan dapat lebih terjaga dan mengantisipasi kalau mengalami kendala saat dalam perjalanan.

Walau terkesan sederhana, tetapi saat mencuci sepeda motor sendiri ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Fachrul Reza, sebagao Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, mengatakan, mencuci sepeda motor yang perlu diperhatikan adalah sabun yang dipakainya.

Reza menyarankan, supaya memilih sabun yang khusus untuk sepeda motor dan tidak boleh sembarangan menggunakan sabun karena bisa merusak cat atau bodi kendaraan.

“Saat melakukan pencucian motor, gunakan shampo khusus motor, hindari menggunakan detergen atau bahan cairan lain yang sifatnya keras yang akan merusak cat motor,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (6/9/2020).

Reza juga mengatakan, ketika mencuci motor sebaiknya juga menghindari menyemprot langsung bagian tangki serta bagian kelistrikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm