Perawatan berkala pada tangki bahan bakar kendaraan perlu dilakukan untuk menjamin kualitas bahan bakar yang disediakan untuk mesin (Setyo Adi/Otomania)
Perawatan berkala pada tangki bahan bakar kendaraan perlu dilakukan untuk menjamin kualitas bahan bakar yang disediakan untuk mesin (Setyo Adi/Otomania) ( kompas.com)

Ketahui Tanda-tanda Tangki BBM Mobil yang Perlu Dikuras

6 September 2020 19:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Kebanyakan pemilik kendaraan yang kurang paham bahwa ada beberapa ciri tangki BBM yang kotor. Di antaranya mobil jalan seperti terasa tersendat saat kecepatan konstan atau mesin mati tiba-tiba setelah berhenti.

Gejala “batuk-batuk” seperti habis bensin juga merupakan gejala aliran suplai bahan bakar yang tidak beres.

Terkait dengan hal tersebut, Didi Ahadi, dari Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, menjelaskan, saringan BBM pada mobil biasanya ada dua, yakni di dalam dan di luar tangki.

Saringan di dalam tangki atau yang disebut Didi sebagai saringan kasar adalah perangkat pertama yang berpotensi tersumbat karena kotoran, akibatnya suplai BBM macet.

“Paling sering berasa ketika saringan bermasalah itu mobil brebet atau bahkan sampai bisa mati habis ngerem. Di cek juga, biasanya kalau mesin mati setelah deakselerasi itu, saat distarter bisa hidup lagi,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/9/2020).

“Jadi saat mesin mati otomatis pompa bahan bakar mati juga, karena tekanannya hilang kotoran yang ngumpul jatuh. Itu makanya mesin bisa hidup, mobil jalan lagi,” lanjut Didi.

Pasalnya, mengecek kondisi saringan kasar lebih sulit dibanding saringan luar karena lokasinya di dalam tangki. Jika ingin diperiksa otomatis tangki harus dibongkar. Inilah salah satu alasan tangki kotor jarang dianggap sumber penyakit.

“Biasanya lebih sering kejadian pada mesin diesel karena pakai solar. Di dalamnya ada sesuatu yang lengket atau pasir, seperti sisa sulfur,” ucap Didi.

Tidak sedikit kotoran berasal dari luar yang kelamaan mengendap hingga membentuk sesuatu tidak lolos saringan kasar. Faktornya ada banyak, misal benda kecil larut cairan masuk dari lubang tangki lantas masuk hingga ke dasar. Tapi paling sering terjadi karena kualitas BBM yang jelek.

“Tidak ada ukuran pasti berdasarkan angka odometer kapan seharusnya tangki dikuras. Maka dari itu jadi kewajiban pemilik menjaga kesehatan penyimpanan BBM itu” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Gejala Tangki BBM Mobil yang Perlu Dikuras", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/05/112100715/kenali-gejala-tangki-bbm-mobil-yang-perlu-dikuras.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm