Pemakaian pertamax menjadi bahan bakar andalan bagi para pemudik di Kepri. (KOMPAS.com/HADI MAULANA)
Pemakaian pertamax menjadi bahan bakar andalan bagi para pemudik di Kepri. (KOMPAS.com/HADI MAULANA) ( kompas.com)

Benarkah Sebaiknya Melakukan Isi bensin Pada Malam Hari?

10 September 2020 19:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ada anggapan yang mengatakan bahwa pemilik kendaraan sebaiknya melakukan isi bensin pada malam hari. Alasan yang beredar, supaya mendapatkan bensin lebih banyak dibandingkan saat mengisinya di siang hari.

Bukan tanpa alasan, karena karaketer bahan bakar memang yang mudah menguap di siang hari. Terlebih lagi kalau bahan bakar tersebut ditempatkan di dalam tangki berbahan logam, dampak pemuaiannya pun akan menjadi lebih cepat.

Lalu, benarkah hal tersebut?

Menurut prinsip cairan, baik itu air atau bahan bakar, dipengaruhi kondisi lingkungan sekitar. Misal, air kalu diletakan dalam kulkas akan menjadi dingin dan bisa menjadi beku. Kalau dijemur di matahari maka akan menjadi hangat dan jika panas terik juga bisa memuai.

Hal ini juga berlaku untuk bahan bakar seperti bensin, kalau temperatur di lingkungan sekitar turun, maka temperaturnya juga akan ikut turun dan sebaliknya.

“Satu liter bensin waktu suhu dingin dan satu liter bensin waktu panas, jika ditimbang pasti beratnya tidak sama,” ujar Agung Santoyo sebagai Business Unit Head SPBU Pertamina Cirebon  saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Agung melanjutkan, sudah pasti akan lebih berat yang suhunya dingin. Tapi, untuk perbedaannya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan volume bahan bakar.

Untuk Jakarta, suhu siang hari bisa mencapai 32 derajat celcius, saat malam akan turun menjadi 29 hingga 30 derajat celcius. Perbedaan dua derajat itu tidak terlalu berpengaruh pada perubahan volume bahan bakar.

“Kalau untuk jumlah tidak terlalu signifikan, apalagi di isi ke tangki mobil atau motor. Kecuali mobil truk yang kapasitas tangki pengisian Bahan Bakar Minyak ( BBM) mencapai 8000 liter,” kata Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Benar Isi Bensin Lebih Baik Dilakukan Malam Hari?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/09/110200115/apa-benar-isi-bensin-lebih-baik-dilakukan-malam-hari-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm