Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018). (Kompas.com/Alsadad Rudi)
Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018). (Kompas.com/Alsadad Rudi) ( kompas.com)

Jika Mengganti Aki Jangan Sampai Malah Mubazir

14 September 2020 17:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki merupakan komponen yang biasa diganti pada kendaraan. Memilih aki yang ingin digunakan juga harus menyesuaikan dengan kendaraannya, apakah keluaran baru atau lama.

Dedy Ismanto sebagai Product Manager Bosch Automotive Indonesia  mengatakan, kebutuhan aki pada mobil itu berbeda-beda, mulai dari model, usian, apakah muda atau tua.

Mobil baru membutuhkan aki dengan kapasitas lebih tinggi. Melihat mobil saat ini didominasi dengan fitur colokan listrik untuk mengisi daya telepon genggam dan banyak juga yang memiliki teknologi start-stop engine,” kata Dedy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tentunya tambahan teknologi pada mobil keluaran baru membutuhkan arus listrik yang lebih besar. Contohnya teknologi start-stop engine pada mobil modern, membutuhkan aki dengan aliran daya yang konsisten.

Oleh sebab teknologi tersebut, aki yang dibutuhkan juga berbeda spesifikasinya. Berbeda juga dengan mobil lama yang minim dengan teknologi, tidak butuh aki yang terlalu canggih, cukup yang biasa saja.

“Untuk mobil lama, teknologinya enggak ribet, cukup aki standar saja. Jika menggunakan aki yang spesifikasinya terlalu tinggi, nanti malah mubazir,” ucap Dedy.

Dedy menambahkan, aki yang tidak sesuai kebutuhannya, dapat menyebabkan kerusakan pada sistemnya. Perbedaan sistem pengisian malah membuat mubazir, karena sistem yang model lama tidak mengisi aki dengan teknologi terbaru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Aki Jangan Sampai Malah Mubazir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/14/122200615/ganti-aki-jangan-sampai-malah-mubazir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm