Ilustrasi aki motor (Istimewa)
Ilustrasi aki motor (Istimewa) ( kompas.com)

Rutinitas Dilakukan Yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

17 September 2020 17:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki memiliki peran yang cukup krusial bagi motor-motor keluaran terbaru. Dampaknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. Makin repot adalah pada saat terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Banyak jenis yang mengakibatkan aki soak lebih cepat dari masa pakai. Salah satunya adalah perangai atau kebiasaan biker yang kurang tepat saat menggunakan motor.

“Masalah aki itu terletak pada siklus hidup aki di mana proses pengisian (charge) dan keluar daya (discharge) berjalan terus. Biasanya masalah timbul saat salah satu proses ini belum sempurna,” ujar Wahyudi dari Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motor (DAM)  saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Ketika motor dinyalakan, aki bertugas menggerakan starter motor untuk menghidupkan mesin. Kala proses berlangsung, aki kehilangan daya cukup besar.

Pada saat motor digunakan, saat itulah proses pengisian daya berlangsung. Namun sering kali saat aki belum terisi penuh, motor sudah selesai digunakan.

Kalau mesin tidak cukup waktunya mengisi aki, di mana arus masuk lebih kecil daripada arus keluar saat starter, maka aki bisa rusak atau tekor.

“Logikanya mirip dengan baterai telepon seluler. Jika kita kebiasaan isi sampai 80 persen, maka saat kita isi sampai 100 persen daya yang terisi hanya sampai pada kemampuan 70 persen tersebut. Itu prinsip baterai termasuk aki,” kata Wahyu.

Sebagai upaya pencegahan, baiknya pemilik motor tidak lupa untuk melakukan perawatan terhadap sepeda motornya secara berkala. Semakin sering perawatan motor dilakukan maka pengecekan kondisi aki juga akan dilakukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/16/192100415/kebiasaan-yang-bikin-aki-motor-cepat-soak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm