BTS rilis single Dynamite
BTS rilis single Dynamite ( KOMPAS.com)

BTS Bagikan Kisah di Balik Pembuatan Lagu

18 September 2020 20:11 WIB

SonoraBangka.Id - Grup BTS masih merajai pasar musik internasional lewat singel "Dynamite".

Member Suga berpendapat, lagu "Dynamite" bisa dinikmati dari generasi apa pun. Ia juga senang lagu tersebut bisa dinikmati banyak orang.

Grup beranggotakan tujuh orang ini juga berbagi kisahnya di balik pembuatan lagu mereka yang selama ini begitu populer dan menarik perhatian.

"Prosesnya sangat beragam, terkadang kami mulai dengan melodi, terkadang hanya dengan sebuah kata atau tema. Tetapi pada dasarnya, saat membuat album, kami punya semacam tema atau kata kunci yang mewakili seluruh album tersebut," kata leader BTS, RM, dikutip dari rilis resmi Spotify, Jumat (18/9/2020).

"Dan saat kami berhasil sepakat pada satu kata kunci, kami semua akan berkumpul untuk membuat lagu, melodi, lirik, dan apapun itu. Jadi, prosesnya seperti membuat puzzle saat kita membuat sebuah album," jelas RM lagi.

J Hope setuju bila proses pembuatan musik cukup sulit.

"Kami membayangkannya seperti sakit saat melahirkan. Oleh sebab itu, butuh fokus dan perhatian yang tinggi, juga waktu yang panjang karena kami benar-benar mencurahkan segalanya. Saat kami memiliki hasil yang baik dan melihat hasil itu, kami merasa bangga dan merasakan pencapaian yang nyata," jelas J Hope.

Cerita dari BTS lainnya dapat didengar melalui platform Spotify dalam episode terbaru podcast For The Record, berjudul “BTS: The Band, The Brand & The ARMY”.

Selain cerita di belakang dapur rekaman, BTS juga mengutarakan pemikiran mereka perihal memberikan apresiasi bagi para ARMY dan berdiskusi tentang bagaimana mereka ingin diingat oleh generasi mendatang.

Adapun, lagu "Dynamite" mencetak rekor terbaru di Spotify dengan 12,6 juta stream dalam 24 jam sejak lagu tersebut dirilis bulan lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BTS Bagikan Kisah di Balik Pembuatan Lagu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/09/18/142609366/bts-bagikan-kisah-di-balik-pembuatan-lagu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm