Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. (airportparkingreservations.com)
Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara. (airportparkingreservations.com) ( kompas.com)

Mobil Matik Parkir, Supaya Lebih Baik Dan Lebih Aman, Posisi Transmisi Persneling di N atau P?

18 September 2020 21:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Walau disebut sebagai mobil dengan transmisi otomatis, bukan berarti kendaraan roda empat ini tidak ada gigi persneling layaknya pada skuter matik.

Pada kendaraan roda empat dengan transmisi matik tuas persneling tetap ada dan terdapat beberapa pengaturan untuk perpindahan kecepatan serta fungsinya.

Tidak hanya untuk pengaturan kecepatan, pada mobil matik juga ada pilihan persneling di saat mobil parkir atau pun berhenti.

Selama ini tidak sedikit pemilik mobil transmisi matik yang bingung mengenai posisi tuas transmisi saat parkir, apakah lebih baik pada posisi P (parking) atau N (neutral)?

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic, menjelaskan, bahwa tuas persneling digunakan sesuai untuk keperluannya.

Seperti halnya saat akan parkir, maka akan lebih baik dan lebih aman menempatkan posisi tuas transmisi pada P dibandingkan pada N.

“Kalau posisi transmisi diposisikan di P akan lebih aman saat parkir, karena saat gigi persneling di P output shaft yang terhubung dengan as kopel akan terkunci,” kata Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, Hermas melanjutkan, maka mobil akan lebih aman dan tidak bergerak dengan sendirinya. Tuas persneling pada posisi P, kata Hermas, baik digunakan saat parkir lama maupun sebentar.

“Mau parkir lama atau pun sebentar, sebaiknya (transmisi) diposisikan di P kalau memang berhenti untuk parkir,” tutur Hermas.

Sementara pilihan tuas transmisi pada N, menurut Hermas, itu bukan untuk tujuan parkir melainkan hanya berhenti sebentar dengan kondisi mesin masih hidup.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm