Ilustrasi mengemudi. (Agung Kurniawan)
Ilustrasi mengemudi. (Agung Kurniawan) ( kompas.com)

Ketahui Teknik Mengemudi yang Bisa Hemat Bahan Bakar Minyak

18 September 2020 22:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu upaya yang dilakukan para pengemudi mobil, adalah menghemat pengeluaran bensin atau bahan bakar minyak ( BBM).

Anjar Rosjadi dari Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  mengatakan, salah satu faktor efesiensi BBM, selain mobil, juga dipengaruhi oleh gaya berkendara seseorang.

Berikut teknik mengemudi yang bisa menghemat bensin:

- Menjaga Putaran Mesin

Umumnya, torsi paling efisien mesin berada pada rentang putaran mesin 2.000-3.000 rpm. Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu. Kalau putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin ke ruang bakar akan makin banyak.

Tetapi kalau terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

- Mengemudi Cerdas

“Jangan agresif dalam mengemudi, artinya dalam kondisi macet tidak usah salip-salip,” ujar Anjar kepada Kompas.com di Jakarta.

Pengemudi juga harus lebih bijak dalam menginjak pedal gas dapat menghemat bahan bakar.

Ketika di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 km per jam (kp). Ini adalah kecepatan ideal untuk efesiensi bahan bakar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm