Lampu indikator aki pada mobil (cartreatments.com)
Lampu indikator aki pada mobil (cartreatments.com) ( kompas.com)

Apa Artinya Jika Indikator Gambar Aki pada Mobil Menyala?

19 September 2020 17:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kendaraan roda empat dilengkapi dengan berbagai indikator untuk memantau setiap komponen yang ada.

Indikator ini ada beragam bentuk yang biasanya terpasang di bagian meter cluster kendaraan. Masing-masing indikator akan memberikan informasi kepada pengemudi mengenai perangkat kendaraan sebelum dipakai.

Kalau ada komponen yang bermasalah biasanya indikator akan menyala, sehingga pengemudi bisa langsung mengetahui kerusakan yang mungkin terjadi.

Hanya saja, masih banyak pemilik kendaraan yang masih belum paham mengenai arti indikator yang ada di dashboard.

Salah satunya adalah indikator bergambar aki menyala. Tidak semua pemilik kendaraan paham, apa yang harus dilakukan kalau indikator tersebut menyala.

Didi Ahadi dari Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM)  menjelaskan, kalau indikator gambar aki menyala kemungkinan terjadi masalah pada bagian pengisian arus listrik.

“Kemungkinan ada permasalahan pada pengisian arus, atau bisa juga aki tidak mau mengisi,” kata Didi kepada kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Didi menambahkan, untuk mobil-mobil keluaran terbaru semuanya sudah dikontrol oleh komputer yakni melalui electronic control unit (ECU).

“Sehingga, jika ada permasalahan yang terjadi maka akan ada tanda indikator menyala. Kalau terjadi masalah pengisian, indikator bergambar aki menyala,” ujar Didi.

Untuk memastikan permasalahan yang terjadi pada kendaraan, Didi menyarankan, untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm