Aki basah dan aki kering (Santi Yoga)
Aki basah dan aki kering (Santi Yoga) ( kompas.com)

Mau Ganti Aki, Mana Yang Lebih Baik, Aki Kering Atau Basah?

20 September 2020 19:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk Aki pada kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil digolongkan dalam dua jenis. Masyarakat umum biasa menyebut dengan aki basah dan aki kering.

Agar diketahui, pada dasarnya semua jenis aki (kering dan basah) tetap menggunakan cairan elektroda (biasa disebut air aki).

Tapi pada jenis aki kering, cairannya lebih padat dan berbentuk gel. Aki basah biasanya membutuhkan perawatan rutin, berbeda dengan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau maintenance free (MF).

Suparna, dari Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak,  keduanya memiliki fungsi yang sama, kualitasnya juga tidak jauh berbeda karena sama-sama menggunakan cairan elektroda. Lantas, mana yang lebih baik?

“Pada dasarnya aki basah bisa lebih awet, jika catatan volume airnya selalu dijaga. Selain itu aki basah lebih menyesuaikan dengan kondisi Indonesia karena penguapan pada aki juga dibutuhkan. Tetapi harus rutin di cek setiap bulan,” ujar Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Sementara pemilik mobil yang cenderung tidak sempat merawat kendaraan, contohnya karena sibuk kerja, sebaiknya menggunakan aki kering karena aki ini tidak memerlukan perawatan rutin.

“Namun, aki kering rata-rata kalau sudah 1,5 tahun atau 2 tahun harus diganti dengan yang baru. Sebab, maksimal usia pakainya segitu,” kata Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Ganti Aki, Lebih Baik Aki Basah Atau Kering?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/20/094100415/mau-ganti-aki-lebih-baik-aki-basah-atau-kering-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm