Ilustrasi mengemudi. (Agung Kurniawan)
Ilustrasi mengemudi. (Agung Kurniawan) ( kompas.com)

Bahaya, Tidak Boleh Mengemudikan Mobil Pakai Satu Tangan

24 September 2020 19:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat Mengemudikan kendaraan roda empat tidak hanya membutuhkan konsentrasi selama melakukan perjalanan.

Tetapi, cara benar dalam memegang setir atau kemudi juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap pengendara.

Mungkin masih banyak pengemudi kendaraan roda empat yang menyepelekan cara benar dalam memegang kemudi atau setir, yakni dengan menggunakan kedua tangan.

Ada yang hanya menggunakan satu tangan untuk memegang kemudi, ada pula yang sesekali melepaskan kemudi kendaraannya.

Sebenarnya, tingkah laku tersebut sangatlah berbahaya mengingat masing-masing saat kendaraan bisa kehilangan kendali sehingga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Sony Susmana dari Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI)  mengatakan, ketika mengemudikan mobil kedua tangan harus stand by pada lingkar kemudi.

Hal ini untuk menjaga keseimbangan kemudi supaya kendaraan tetap berada pada jalurnya dan tetap aman.

“Kedua tangan di setir bisa meredam hilangnya keseimbangan selama kendaraan bergerak. Selain itu, agar pengemudi selalu siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di jalan,” ujar Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menambahkan, pada saat kedua tangan berada di kemudi mobil akan lebih stabil. Sebaliknya, kalau setir dipegang menggunakan satu tangan kendaraan menjadi tidak stabil atau bergoyang-goyang.

Sedangkan kalau mengandalkan satu tangan, mobil menjadi goyang-goyang ketika dikendarai, apalagi kalau dalam kecepatan yang tinggi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm