Ilustrasi mango sticky rice.
Ilustrasi mango sticky rice. ( Dok. Shutterstock/SherSor)

Resep Mango Sticky Rice, Camilan Manis Ala Thailand Yang Terkenal

26 September 2020 10:38 WIB

SonoraBangka.id - Camilan manis ala Thailand yang terkenal adalah mango sticky rice atau ketan manis dengan topping mangga. Tak hanya di Thailand, mango sticky rice juga banyak dijual di restoran Thailand di luar negeri. Bahan mango sticky rice terbilang sangat sederhana. Hanya terdiri dari beras ketan, mangga, dan krim santan manis. Namun demikian dessert satu ini punya banyak penggemar. Kamu bisa mencoba buat camilan manis ini di rumah sebagai camilan keluarga atau ide jualan makanan. Berikut resep mango sticky rice dari All Recipe:

Resep Mango Sticky Rice 

Bahan:

  • 1 ½ cup (250 gram) beras ketan putih 
  • 2 cup (500 ml) air
  • 1 ½ cup (375 ml) santan
  • 1 cup (225 gr) gula pasir putih
  • ½ sendok teh garam
  • ½ cup (125 ml) santan
  • 1 sendok makan gula putih
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 3 buah mangga matang ukuran sedang, kupas dan iris-iris
  • 1 sendok makan biji wijen sangrai

Cara membuat mango sticky rice:

  1. Campurkan beras ketan putih dan air dalam panci dan masak sampai mendidih. Setelah mendidih tutupi panci dan kecilkan api. Rebus hingga air terserap, 15 hingga 20 menit. 
  2. Sementara nasi ketan dimasak, campurkan 1 1/2 cangkir santan, 1 cangkir gula, dan 1/2 sendok teh garam dalam panci. Masak dengan api sedang sampai mendidih sambil diaduk. Angkat dari api dan sisihkan. Aduk nasi ketan ke dalam campuran santan. Lalu tutup and biarkan dingin selama satu jam.
  3. Buat saus dengan mencampurkan 1/2 cangkir santan, 1 sendok makan gula, 1/4 sendok teh garam, dan tepung tapioka di dalam panci. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
  4. Letakkan ketan di atas piring saji. Tata mangga di atas ketan. Tuang saus di atas mangga dan ketan. Taburi dengan biji wijen. Mango sticky rice siap disajikan.

Tips: Gunakan beras ketan dan santan kualitas unggul. Sebab kenikmatan mango sticky rice ada pada tekstur ketan yang pulen. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Mango Sticky Rice ala Thailand, Ide Jualan Camilan Manis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/26/071900675/resep-mango-sticky-rice-ala-thailand-ide-jualan-camilan-manis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm