Ilustrasi minum air
Ilustrasi minum air ( shark_749 )

Kamu Ingin Hidup Sehat ? Yuk Perhatikan Kecukupan Minum Air

29 September 2020 11:15 WIB

SonoraBangka.id - Kebutuhan akan air merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi.

Seberapa banyak air minum yang harus kita konsumsi setiap hari memang berbeda-beda, tergantung pada usia, kondisi tubuh, dan juga tingkat aktivitas fisik.

Karena itu, menjaga kesehatan tubuh dan juga mental, tak terlepas dari tercukupinya kebutuhan cairan.

Profesor Stavros Kavouras dari Universitas Arkansas yang mempelajari hidrasi mengungkapkan, air sangat penting bagi tubuh, tetapi sayangnya nutrisi tersebut sering terlupakan dalam sains. 

Kavouras menjelaskan, kita tidak memiliki alat presisi untuk mengukur seberapa banyak kita minum, jadi literatur seputar hidrasi kira-kira sama canggihnya dengan riset merokok di tahun 70an.

Tapi, ada beberapa fakta yang perlu diketahui soal air, misalnya sekitar 50- 60 persen komponen tubuh kita adalah air.

Air sangat penting untuk kita, karena berfungsi melumasi persendian, dan menjaga tubuh tetap berjalan dengan mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, dan menghilangkan cairan kotor melalui keringat.

Agar kita semakin rajin minum air, ketahui apa saja manfaat cukup cairan yang mungkin belum diketahui:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa dengan kegemukan yang meminum 473 ml air setiap sebelum makan kehilangan sekitar 4 kg selama 12 minggu. 

Hal itu lantaran tambahan air membuat kita merasa kenyang dan akan mengurangi porsi makan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm