Ilustrasi mencuci mobil (Hakase_)
Ilustrasi mencuci mobil (Hakase_) ( kompas.com)

Efek Buruk Terlalu Sering Cuci Mobil

3 Oktober 2020 17:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Pastinya Pemilik kendaraan roda empat pasti punya cara tersendiri untuk merawat kendaraannya terutama dalam mempertahankan warna cat mobilnya.

Cukup sulit kalau melakukan sendiri dirumah, hasilnya akan kurang maksimal. Ini menjadi tugas dari banyaknya salon mobil. Seperti halnya perawatan untuk manusia, perawatan yang ditawarkan salon mobil juga beragam. Mulai dari eksterior, interior hingga detail kebersihan mesin.

Kebiasaan salah dalam mencuci kendaraan juga berperan penting pada kondisi cat. Seperti penggunaan jenis sampo yang asal, mencuci di bawah terik matahari juga tidak disarankan. Serta material alat mencuci yang tidak diperhatikan.

“Paling aman sebenarnya mencuci cukup dengan air bersih saja dan langsung di lap sampai kering, untuk mencegah timbulnya jamur. Menggunakan sampo khusus cuci mobil terlalu sering juga tidak disarankan karena bisa memberikan efek buruk buat cat,” ujar Christopher Sebastian sebagai CEO Topcoat Indonesia, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Kalau terlalu sering mencuci mobil dengan sampo mobil yang asal, ada dua kemungkinan yang terjadi. Efek yang malah kerap terjadi adalah cat mobil menjadi buram. Ini diakibatkan tingginya kadar PH dari sampo cuci kendaraan.

“Setiap kali mobil dicuci, akan ada dua kemungkinan yakni menjadi bersih atau akan mengangkat cat aslinya (jadi buram). Hal itu dikarenakan sabun yang digunakan saat mencuci mobil bukan sabun khusus mobil dimana kadar PH-nya tinggi,” kata Christopher.

Cat mobil yang mulai memudar ini bisa dilihat secara langsung tergantung warna dasarnya. Seperti contoh, kalau mobil berkelir hitam akan berubah lebih buram dan banyak baret halus. Sedangkan mobil berwarna putih berubah menjadi kekuningan.

Selain itu, pembersihan dengan menggunakan plas chamois (kain lap khusus cuci) yang terlalu sering juga menyumbang adanya baret halus pada mobil. Apalagi kalau debu halus tidak diusir terlebih dahulu dengan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Buruk Terlalu Sering Cuci Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/02/194100115/dampak-buruk-terlalu-sering-cuci-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm