Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ( Tribunnews.com/Jeprima)

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Rapat Bahas UU Cipta Kerja Jumat Pagi

9 Oktober 2020 11:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin dijadwalkan menggelar rapat internal pada Jumat (9/10/2020) pagi, membahas Omnibus Law undang-undang (UU) Cipta Kerja yang telah disahkan oleh DPR.

Rapat intern tersebut sesuai rencana dilakukan bersama Presiden Joko Widodo pada pukul 09.30 WIB.

Dilansir dari laman wapres.go.id, Jumat pagi, rapat intern ini akan dilakukan Wapres Ma'ruf Amin melalui video konferensi dari kediaman dinas Wapres, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, sejak disahkannya UU Cipta Kerja yang menuai pro kontra ini, baik Presiden Jokowi maupun Wapres Ma'ruf Amin belum bersuara terkait respon masyarakat atas UU sapu jagat tersebut.

Aksi demonstrasi yang menimbulkan kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19 serta mengakibatkan kericuhan pun tidak dapat dihindari lagi.

Massa buruh dan mahasiswa berkumpul di depan Gedung DPR/MPR RI dan kawasan Istana Kepresidenan menyuarakan protes mereka terhadap DPR dan pemerintah pada Kamis (8/10/2020).

Bukan hanya menyerukan aspirasi saat berdemo, tetapi insieden kerusuhan hingga perusakan fasilitas umum juga terjadi.

Hal tersebut tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, namun juga terjadi di beberapa daerah lainnya di Tanah Air.

Gelombang penolakan tersebut terjadi karena mereka menilai aturan dalam UU Cipta Kerja merugikan masyarakat, yang kebanyakan berstatus sebagai pekerja atau buruh.

Dalam UU itu, salah satunya dicantumkan soal penghapusan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) yang dinilai akan memasifkan pemberlakuan kerja kontrak.

Kemudian, soal pembayaran pesangon yang dinilai berkurang, cuti hamil serta haid bagi pekerja perempuan yang dinilai dihilangkan dan berbagai permasalahan lainnya.

Adapun di tengah banyaknya aksi penolakan pada Kamis (8/10/2020), Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah untuk mengecek lahan proyek lumbung pangan nasional.

Sementara Wapres Ma'ruf Amin juga menggelar beberapa rapat intern tanpa bersuara soal reaksi masyarakat atas UU Cipta Kerja tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumat Pagi, Jokowi dan Wapres Rapat Membahas UU Cipta Kerja"

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm