Ilustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas.
Ilustrasi susu sapi segar dalam botol disimpan di kulkas. ( SHUTTERSTOCK/EKRAMAR)

Agar Tidak Mudah Basi, Berikut Ini Cara Menyimpan Susu Segar

10 Oktober 2020 12:14 WIB

SonoraBangka.id - Susu segar terutama susu yang baru saja diperah dari hewan ternak cenderung cepat basi. Namun, susu segar bisa lebih awet asalkan disimpan dengan tepat. Menurut Kompas.com, segera simpan susu segar dalam lemari pendingin. Kalau bisa pada suhu di bawah 5 derajat celsius. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Epi Taufik, S.Pt, MVPH, M.Si, Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Susu segar mengandung ribuan bakteri

Umumnya, susu segar yang baru keluar dari hewan ternak mengandung antara 1.000-3.000 bakteri per mililiter. Jumlah tersebut tergolong normal. Kandungan bakteri akan meningkat apabila bersentuhan dengan udara, mesin perah, saringan, dan tangan manusia. Oleh karena itu, segera dinginkan untuk mencegah bakteri bertambah berkali lipat.

Panaskan susu segar sebelum diminum

Agar lebih aman, Panaskan susu segar sebelum dikonsumsi. Proses memanaskan susu segar ini disebut juga pasteurisasi. Baca juga: Cara Mudah Panaskan Susu Segar, Pasteurisasi ala Rumahan Tuangkan susu segar ke dalam panci. Panaskan selama 15 detik sampai suhu mencapai 75 derajat celsius. Susu segar yang sudah dipanaskan, sebaiknya segera diminum.

Simpan susu dalam kulkas atau freezer

Kamu juga dapat menyimpan susu pasteurisasi rumahan di kulkas. Tuangkan dulu ke dalam botol tertutup rapat. Susu pasteurisasi rumahan akan awet selama lebih kurang 3 hari dalam kulkas. Terdapat pula susu segar pasteurisasi rumahan yang bisa bertahan dalam kulkas sampai satu minggu. Namun, Epi menyarankan untuk mengonsumsi susu tersebut dalam kurun waktu 3 hari. Susu juga dapat disimpan dalam freezer alias dibekukan. Membekukan susu tidak akan mengurangi zat gizinya. Masa simpan susu beku akan lebih lama, sekitar 3-6 bulan. Pastikan sudah dituangkan dalam botol atau tumblr tertutup rapat.   Cara mengonsumsi susu beku, turunkan dulu ke kulkas biasa. Jangan langsung ke suhu ruang, karena bakteri akan naik sangat cepat. Maka kalau ingin minum susu, pindahkan ke kulkas biasa sehari sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Susu Segar agar Tidak Cepat Basi, Awet sampai 6 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/08/131212175/cara-simpan-susu-segar-agar-tidak-cepat-basi-awet-sampai-6-bulan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm