Ilustrasi bagasi mobil di pinggir jalan. (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi bagasi mobil di pinggir jalan. (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Inilah 5 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Dalam Mobil

10 Oktober 2020 20:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Kecelakaan mobil bisa menimpa siapa saja dan kapan saja saat berkendara. Bisa disebabkan karena kelalaian pengemudi sendiri maupun pengendara lain. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu membawa peralatan darurat saat berkendara.

Bambang Supriadi sebagai Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  mengatakan, setidaknya ada lima peralatan darurat yang sebaiknya selalu dibawa oleh pengendara mobil.

Peralatan tersebut antara lain kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan, dongkrak, kotak P3K, dan alat komunikasi.

“Ban merupakan salah satu bagian paling penting yang bisa membuat mobil berjalan dengan baik. Untuk itu, sangat penting membawa kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan, dan dongkrak. Agar, jika terjadi ban bocor diperjalanan, kita bisa mengganti ban tersebut dan melanjutkan perjalanan,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com.

Kotak P3K juga tidak kalah penting, di dalamnya terdapat berbagai alat bantu medis, mulai dari cairan pembersih luka, kain kasa atau perban, gunting kecil dan obat-obatan lainnya.

Yang Terakhir, alat komunikasi. Tentunya agar dapat memberi kabar para kerabat atau orang lain mengenai kondisi kita jika terjadi sesuatu di jalan.

Jangan lupa untuk selalu membawa segitiga pengaman, yang bertugas sebagai isyarat bila kendaraan berhenti dalam keadaan darurat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Dalam Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/10/120100315/5-peralatan-darurat-yang-wajib-ada-di-dalam-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm