Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar (Stanly/KompasOtomotif)
Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar (Stanly/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Agar Diketahui Fungsi Tuas pada Spion Tengah Mobil

13 Oktober 2020 19:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Hingga Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang "buta" soal kegunaan beberapa fitur yang ada pada mobilnya.

Padahal fitur-fitur tersebut setiap hari terlihat dengan jelas, dan bila difungsikan, bisa sangat membantu ketika berkendara.

Salah satu yang kerap tak dipedulikan, bahkan disalah fungsikan adalah spion tengah yang ada pada interior mobil. Selain berguna untuk memantau kondisi di dalam kabin, spion tengah ini juga memiliki banyak fungsi.

Namun sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang justru memanfaatkannya hanya sebagai cermin saja. Bahkan untuk pengendara wanita hanya dijadikan wadah kala akan berdandan sebelum turun dari mobil saja.

Nah, penting diketahui, kaca spion tengah yang ada di dalam kabin memiliki fungsi yang bisa membantu pengendara menghalau pancaran sinar lampu berlebih dari mobil di belakang. Hal ini sangat berguna ketika mengendarai mobil pada malam hari.

Caranya cukup memanfatkan tuas kecil pada bagian bawah spion, terutama untuk spion yang masih model lawas.

Namun kalau sudah mengusung spion yang modern, alias dilengkapi dengan auto dimming, tinggal tekan tombol saja untuk membiaskan sinar tersebut.

"Ini berguna di malam hari, kadan suka ada pengendara di belakang yang gemar memainkan lampu jauh high-beam. Bila posisinya berada tepat di belakang kita akan sangat silau sekali ketika terkena pantulan cahayanya dari sinar yang terbias dari kaca spion tengah itu," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, beberapa waktu lalu.

Supaya tak silau, maka tuas kecil di bawah atau belakang spion tinggal ditekan. Dengan demikian, pancaran sinar lampu yang tembus hingga ke ruang kabin bisa diredakan dengan dibiasakan lagi intensitas cahayanya.

Dengan cahaya lampu jauh yang sudah bisa direduksi, otomatis membuat visual pengendara bisa kembali nyaman. Karena bila sampai terlalu silau, maka akan sangat berbahaya lantaran membuat visibilitas menjadi kacau dan menggangu konsentrasi.

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

"Tuas ini kebanyakan ada pada mobil menengah ke bawah, kalau mobil menengah ke atas sudah pakai spion auto dimming rear view mirror, jadi otomatis meredup saat ada sinar berlebih, tidak manual pakai tuas lagi," kata Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Fungsi Tuas pada Spion Tengah Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/13/101200515/kenali-fungsi-tuas-pada-spion-tengah-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm