Ilustrasi gula
Ilustrasi gula ( Corinne Poleij)

Bisa Awet Sampai 2 Tahun, Berikut Ini Cara Tepat Menyimpan Gula Pasir

17 Oktober 2020 12:03 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya bahan makanan dalam bentuk kering akan awet disimpan lama. Gula pasir termasuk bahan makanan kering. Meski demikian, tetap akan cepat rusak jika cara penyimpanan gula tidak diperhatikan. Dilansir dari Martha Stewart berikut cara menyimpan gula pasir yang benar.  

1. Simpan dalam wadah bertutup

Langkah awal untuk menyimpan gula, sebaiknya pindahkan gula dari plastik kemasan ke dalam wadah yang bertutup karena umumnya gula yang dibeli dari pasar pasti selalu dijual dalam kemasan plastik. Kamu bisa gunakan wadah kotak makan yang jarang dipakai atau stoples yang aman untuk makanan.

2. Tambahkan marshmallow atau sepotong roti putih untuk jaga kelembapan gula

Kunci menjaga gula tahan lama adalah menjaga Kelembapan gula. Karena gula bersifat hydrophilic. Hydrophilic adalah sifat senyawa yang suka terhadap air atau menyerap air menurut Biology Dictionary. Maka dari itu jika gula lembap, ia bisa menggumpal bahkan mencair. Warna gula juga cenderung berubah ketika sudah terkontaminasi. Memasukan sepotong roti putih atau marshmallow ke dalam wadah gula dapat membantu agar gula tetap kering, dilansir dari Food52.

3. Tutup rapat wadah gula

Langkah berikutnya yang dilakukan untuk menyimpan gula yaitu tutup rapat wadah gula. Hal ini bertujuan agar udara di dalam penyimpanan gula tidak ada atau kedap udara. Gula paling baik disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Dengan begitu gula akan jauh dari lembap. Cara ini akan membuat gula awet sampai dua tahun.

4. Beri label pada wadah gula

Jangan lupa untuk memberi label pada setiap wadah dan tanggal produk dibeli. Kamu bisa menggunakan label khusus atau menggunakan selotip label. Cara ini bisa kamu gunakan untuk bahan makanan lain selain gula

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Gula agar Awet Sampai 2 Tahun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/15/220300375/cara-simpan-gula-agar-awet-sampai-2-tahun?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm