Konstruksi ban (Kompas.com)
Konstruksi ban (Kompas.com) ( kompas.com)

Kelebihan Lain dari Ban Motor Tubeless, Tekanan Udara di Ban Lebih Awet

17 Oktober 2020 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Ban motor yang dijual di pasaran terdiri dari dua jenis, dengan ban dalam atau tube type dan tanpa ban dalam atau tubeless. Saat ini, kebanyakan motor baru dari pabrik sudah memakai ban tubeless.

Ban tubeless memiliki keuntungan seperti tidak memakai ban dalam dan kalau tertusuk benda tajam, tidak langsung kempis bannya. Jadi pengendara bisa membawa motornya ke tukang tambal ban lalu melakukan perbaikan.

Dodiyanto sebagai Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., produsen ban IRC, mengatakan, kelebihan lain dari ban tubeless yaitu tekanan udara di ban yang lebih awet dibanding ban tube type.

“Pada ban tubeless, memakai inner liner yang fungsinya sama seperti ban dalam. Material dari inner liner ini lebih rapat pori-porinya dibanding ban dalam,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Jumat (16/10/2020).

Konstruksi inner liner menyatu dengan ban, sehingga menciptakan pori-pori yang lebih rapat dan tekanan udara ban lebih terjaga. Meskipun tekanan udara di ban lebih aman, ban tubeless juga perlu dirawat.

“Perawatan sih paling di tekanan udaranya saja, harus sesuai. Kemudian kalau ada benda asing yang menempel seperti paku, kawat, dan lainnya, segera dicopot, khawatir semakin besar bocornya,” kata Dodiyanto.

Supaya Perlu diingat, saat ada benda asing menempel di ban tubeless, motor masih bisa dikendarai. Bawa motor ke tempat tambal ban, kemudian copot benda asing tersebut di sana dan langsung ditambal, jangan cabut sendiri karena udara pasti keluar semua.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keuntungan Lain dari Ban Motor Tubeless, Tekanan Udara Lebih Awet", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/16/192100215/keuntungan-lain-dari-ban-motor-tubeless-tekanan-udara-lebih-awet.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm