Ilustrasi kurang tidur
Ilustrasi kurang tidur ( g-stockstudio)

Antara Tidur Cukup Dan Olahraga Rutin, Mana Yang Lebih Baik ?

21 Oktober 2020 19:53 WIB

SonoraBangka.id - Ada dua hal yang sama penting untuk menjaga kesehatan tubuh, yakni dengan rutin berolahraga dan tidur yang cukup.

Namun, apakah masih perlu bangun lebih awal untuk melakukan olahraga, ketika Anda merasa lelah dan kurang tidur ?

Mungkin Anda berharap jawabannya adalah “tidak”.

Lagi pula, kasur beserta selimut yang hangat lebih menggoda ketimbang harus bersusah payah mengeluarkan energi untuk olahraga.

Terlebih jika di luar sedang hujan. Itu sebabnya, dua pilihan yang sulit  untuk dipilih, antara terus terlelap agar mendapatkan tidur yang sehat terpenuhi, atau memaksa bangun untuk berolahraga.

Nah, di antara dua pilihan tersebut, mana yang harus didahulukan: olahraga atau tidur?

Menurut Edward Laskowski, MD, seorang profesor pengobatan fisik di Mayo Clinic, jika disuruh memilih, tidur dan olahraga diibaratkan seperti makanan dan air.

Tidak hanya diperlukan untuk tubuh, tapi keduanya sangat sulit untuk dipisahkan satu sama lain.

Oleh karena itu, kedua hal ini merupakan sebuah pilihan yang sulit.

Seorang peneliti obat tidur di Stanford University dan University of California, San Francisco, Cheri Mah menambahkan, jika berdasarkan dari banyak hasil penelitian, diketahui rutin olahraga sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, dan tidur yang berkualitas pun penting untuk kinerja fisik.

Namun, Mah mengatakan, pada intinya tidur adalah kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk.

Nah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda, jika pondasi tersebut goyah.

Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati dan lain sebagainya.

Jadi, berapa lama waktu yang ideal setiap malam?

Durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai sembilan jam per malam, demikian menurut National Sleep Foundation.

Kelly Glazer Baron, Ph.D., seorang psikolog klinis dan peneliti tidur di Feinberg School of Medicine di Northwestern University juga mengatakan hal yang senada.

Agar benar-benar dapat membantu Anda bekerja dan berolahraga dengan lebih maksimal keesokan harinya, tidur malam dikatakan cukup jika tuntas sampai tujuh jam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm