Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari. (Kompas.com/Alsadad Rudi)
Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari. (Kompas.com/Alsadad Rudi) ( kompas.com)

Ini Bahaya Berkendara Jarak Jauh di Malam Hari

22 Oktober 2020 19:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai Orang yang gemar bepergian ke luar kota dengan kendaraan pribadi biasanya memilih memulai perjalanannya di malam hari. Mereka menilai, lebih santai dan bebas dari macet.

Padahal mengemudi di malam hari banyak bahayanya, suasana jalan yang sepi, kemudian suhu udara yang lebih dingin, bisa membuat pengemudi terlena dan menurunkan kewaspadaannya. Sehingga bila kewaspadaan menurun, malah bisa menyebabkan kecelakaan.

Jusri Pulubuhu sebagai Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting mengatakan, sebisa mungkin kalau mau bepergian ke luar kota di malam hari, lebih baik dihindari bahkan ditiadakan.

“Seterang-terangnya lampu mobil atau penerangan jalan, jauh lebih terang di siang hari. Kemampuan visibilitas kita pada malam hari akan menurun,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Berikutnya ada persepsi kalau ke luar kota di malam hari, jalan akan sepi. Persepsi ini akan membuat orang nyaman sehingga kewaspadaannya menurun. Selain itu jam biologis manusia di malam hari yaitu untuk beristirahat.

“Kualitas oksigen di malam hari juga menurun ditambah kecepatan konstan dan jalanan sepi, maka akan muncul yang namanya monoton. Akibatnya orang mudah mengantuk dan lengah sehingga peluang kecelakaan lebih besar,” kata Jusri.

Ditegaskan Jusri, peluang orang melakukan kesalahan saat perjalanan ke luar kota saat malam hari sangat tinggi.

Mulai dari faktor jam biologis tubuh manusia, visibilitas menurun, paradigma jalan lebih sepi, cuaca yang sejuk, ini membuat defisiensi performa mengemudi.

“Defisiensi performa dari pengemudi yang berkolerasi linear dengan peluang kesalahan yang dilakukan pengemudi,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Bahaya Mengemudi Jarak Jauh di Malam Hari", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/21/192100515/ini-bahaya-mengemudi-jarak-jauh-di-malam-hari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm