Ilustrasi makanan sehat
Ilustrasi makanan sehat ( Shutterstock )

Makanan Apa Saja Sih Yang Harus Dihindari Untuk Makan Malam ?

25 Oktober 2020 20:10 WIB

SonoraBangka.id - Kebanyakan orang menghindari makan malam karena takut berat badannya naik atau sulit tidur.

Padahal sebenarnya makan malam tidak selalu berbahaya bagi angka timbangan.

Kamu hanya perlu menghindari beberapa jenis makanan untuk terhindar dari risiko kenaikan berat badan.

1. Makanan bertepung

Beberapa makanan bertepung, seperti kentang goreng, pasta, dan nasi, adalah contoh sumber karbodhirat yang biasa dikonsumsi untuk makan malam.

Padahal, pelatih kesehatan sekaligus personal trainer untuk HighEnergyGirl Tracee menganjurkan agar makanan tersebut dihindari saat makan malam sebab dengan mudah diubah menjadi gula sehingga meningkatkan gula darah dan insulin.

"Ini tidak baik karena tidak ada pembakaran energi melainkan akan disimpan sebagai lemak. Aku menganjurkan klien untuk memilih makan sayuran atau protein," tuturnya.

2. Makanan pedas

Karen Z. Berg, MS, RD, menjelaskan, makanan-makanan pedas bisa menyebabkan panas di bagian dada, terutama jika kita berbaring beberapa saat setelah mengonsumsinya.

3. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana baik untuk dikonsumsi tubuh pada waktu-waktu tertentu, namun tidak untuk makan malam.

Pakar nutrisi Kieron Foster menjelaskan, makanan dengan indeks glikemik tinggi pada dasarnya akan diserap ke dalam aliran darah dengan cepat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm