Ilustrasi sahabat
Ilustrasi sahabat ( Purestock)

Mengapa Siklus Haid Sering Samaan Dengan Sahabat ? Ini Alasannya

27 Oktober 2020 10:35 WIB

SonoraBangka.id - Sinkronisasi menstruasi dengan sahabat atau saudara perempuan, mungkin pernah di alami oleh sebagian perempuan.

Nah, kondisi ini menyebutkan, kalau perempuan yang tinggal bersama atau sering menghabiskan waktu bersama akan memiliki jadwal haid yang berbarengan.

Walau dianggap sebagai kepercayaan yang populer, tidak ada banyak bukti untuk menjelaskan alasannya.

Kepala petugas kesehatan untuk aplikasi kesehatan wanita Clue, Lynae Brayboy, MD, mengatakan, bahwa sinkronisasi menstruasi mengacu pada dua atau lebih orang yang mengetahui satu sama lain sedang mengalami menstruasi pada waktu yang sama.

Menurutnya, orang-orang tersebut biasanya memiliki hubungan kedekatan, seperti teman sekamar, teman dekat, rekan kerja, pasangan sesama jenis, dan anggota keluarga.

Penelitian sinkronisasi menstruasi

Bukti ilmiah pertama dari kondisi ini muncul pada tahun 1971, dengan "studi McClintock."

Seorang peneliti di Universitas Harvard bernama Martha McClintock menganalisis siklus menstruasi dari sampel kecil perempuan berusia 17 hingga 22 tahun yang tinggal di asrama sebuah perguruan tinggi.

Setelah enam bulan, studi tersebut menemukan, mereka yang memiliki hubungan kedekatan juga memiliki siklus yang berdekatan antara 3-7 hari.

Sementara, bagi kelompok yang tidak memiliki kedekatan siklus menstruasinya berjarak jauh yakni dimulai berselang 5-15 hari.

Namun, banyak peneliti lain yang menganggap kalau analisis studi itu cacat dan mereka mengabaikan temuan McClintock.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm